XL Axiata Gandeng RSUI, Dukung Program Vaksinasi Nasional

Peresmian sentra vaksinasi drive thru di RSUI (Istimewa)

DEPOK- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama sejumlah mitra bisnis dan sosial menggelar sentra vaksinasi secara drive thru untuk masyarakat di Depok, Jawa Barat. Kegiatan itu berlangsung di area Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok, pada Kamis 25 Maret 2021.

Program bertajuk “Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit” ini merupakan dukungan kepada pemerintah untuk mempermudah dan mempercepat proses vaksinasi kepada masyarakat. Kegiatan vaksinasi akan digelar selama dua bulan.

Turut hadir dalam pembukaan layanan tersebut, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, dan Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama sejumlah pejabat terkait.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka, Pemkot Depok: Tunggu Sampai Juni

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, penyelenggaraan program ini merupakan wujud komitmen jajarannya selaku pelaku bisnis untuk mendukung pemerintah dalam mendorong percepatan pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat Indonesia.

“Kami bekerja sama dan bergotong royong menyukseskan program ini, agar pandemi COVID-19 bisa lebih cepat teratasi,” katanya

Pihaknya, kata Dian, sangat menyadari penyelesaian persoalan COVID-19 tidak bisa dilakukan sendirian, namun harus dilakukan secara bersama-sama sesuai dengan kompetensi masing-masing dengan semangat kolaboratif.

Semua proses implementasi program vaksinasi drive thru ini berada di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan dan institusi yang berwenang lainnya.

Dian melanjutkan, vaksinasi yang dilaksanakan tersebut terealisasi berkat kerja bersama antara XL Axiata, dengan UI, RSUI, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Depok, serta Ikatan Alumni UI, termasuk pula mitra bisnis lainnya, yakni Benih Baik, Protelindo, Tower Bersama Group, Alita dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Sementara itu, Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro mengaku mendukung program vaksinasi COVID-19 ini, karena menurutnya, dengan bersinergi dan berkolaborasi penta helix dapat mengakselerasi program vaksinasi nasional sehingga kekebalan kelompok bisa segera tercapai.

“Kami berharap melalui kontribusi ini dan dukungan dari PT XL Axiata Tbk mewujudkan sentra vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI, sehingga dapat mendukung percepatan pemulihan kondisi Indonesia.”

Direktur Utama RSUI, dr. Astuti Giantini, juga menyampaikan hal yang sama. Dirinya mengatakan, guna memperlancar proses vaksinasi drive thru, RSUI telah mempersiapkan alur dengan sebaik-baiknya, mulai dari registrasi hingga tahap observasi.

“Kami berharap pelaksanaan vaksinasi drive thru ini berjalan dengan lancar dan dapat menjangkau kelompok lansia lebih luas.”

Sentra vaksinasi ini melayani warga lansia (minimal 60 tahun) dengan KTP Depok atau berdomisili di Depok, tenaga pengajar dari Universitas Indonesia (UI) dan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang sudah terdaftar.

Pendaftaran peserta dapat dilakukan secara online melalui laman www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit dengan melengkapi validasi data pribadi serta verifikasi kondisi kesehatan calon peserta vaksin.

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, peserta akan menjalani pengecekan kondisi fisik yang dilakukan secara standar kesehatan oleh pihak RSUI. (rul/*)