Wow..Tempat Tinggal di Dataran Tinggi Ternyata Kurangi Risiko Stroke, Ini Alasannya

Ilustrasi tes tekanan darah Foto: Alodokter
Ilustrasi tes tekanan darah Foto: Alodokter

DepokToday – Tempat tinggal ternyata memiliki peranan signifikan dalam kondisi tekanan darah yang tinggi. Dalam penelitian jurnal Frontiers in Physiology, jumlah kasus rawat inap serta kematian terkait stroke pada orang yang tinggal di dataran tinggi dan rendah berbeda.

Disitat dari Suara.com, penelitian ini menemukan orang yang tinggal di dataran tinggi memiliki risiko stroke yang lebih rendah dibandingkan orang yang tinggal di dataran rendah.

“Bahkan mereka yang tinggal dalam ketinggian 2.000 dan 3.500 meter memiliki perlindungan yang lebih kuat terhadap tekanan darah tinggi,” sebut penelitian tersebut.

Studi penelitian ini mengambil contoh di Ekuador, sebuah negara di Amerika Selatan yang terdiri dari beberapa wilayah dengan ketinggian berbeda-beda.

Profesor Esteban Ortiz-Prado mengatakan penelitian ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan yang masih sangat sedikit dieksplorasi.

Hasil penelitian ini pun menemukan bahwa orang yang tinggal di dataran tinggi cenderung mengalami stroke pada usia yang lebih tua dibandingkan mereka yang tinggal di dataran rendah.

Selain itu, mereka yang tinggal di ketinggian lebih kecil kemungkinannya untuk dirawat di rumah sakit atau meninggal karena stroke. Hipotesis ini terjadi karena orang yang tinggal di dataran tinggi telah beradaptasi dengan tingkat oksigen yang rendah.

Baca Juga: Hore…Ribuan Napi Rutan Depok Sumringah dapat Vaksin

Sehingga, tubuh mereka lebih siap menumbuhkan pembuluh darah baru untuk membantu mengatasi kerusakan terkait stroke.

“Mereka mungkin juga memiliki jaringan pembuluh darah yang lebih berkembang di otak, sehingga membantu mereka memaksimalkan oksigen dan juga melindungi mereka dari efek buruk stroke,” jelas penelitian tersebut.

Salah satu cara terbaik untuk meminimalkan risiko stroke adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Para ahli di NHS menyarankan Anda untuk melakukan penyesuaian gaya hidup, seperti mengurangi konsumsi kafein. (lala/*)