Wow! Kapal Perang Ini Bikin Indonesia Dijuluki Raksasa Pulau Asia

Ilustrasi kapal perang baru Indonesia (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kapal perang baru Indonesia (Foto: Istimewa)

DepokToday- Keputusan Pemerintah Indonesia membeli kapal perang canggih dari Italia telah menyedot perhatian dunia. Saking kagumnya, Indonesia kini dijuluki raksasa pulau Asia.

Sebutan itu dilontarkan oleh media Asia atas kekaguman mereka karena Indonesia telah memiliki fregat canggih Arrowhead 140. Kapal perang tersebut akan digunakan untuk memperkuat armada tempur TNI AL.

Keputusan Menteri Pertahanan Prabowo melakukan modernisasi perlengkapan tempur sampai dibahas Rivista Italiana Difesa, lewat sebuah artikel tanggal Selasa 28 September 2021.

Dalam artikelnya itu, media tersebut menyebut raksasa pulau Asia itu sebenarnya melanjutkan upaya modernisasi yang dimulai pada tahun 2000-an dan sudah terwujud dengan pembelian kapal selam dan kapal amfibi Korea Selatan, dan fregat/korvet ringan keluarga SIGMA dari DAMEN Belanda.

“Dan pada 10 Juni mencapai puncaknya pada kontrak maxi dengan Fincantieri untuk pengadaan 6 frigat FREMMASW, ditambah 2 MAESTRALE yang direkondisi sebagai pengisi celah,” tulis Rivista seperti dikutip DepokToday.com pada Rabu 29 September 2021.

Disitat DepokToday.com dari zonajakarta.com, perusahaan pembuat kapal Italia Fincantieri mengumumkan bahwa mereka telah dipilih oleh pemerintah Indonesia untuk memasok delapan fregat ke angkatan lautnya.

Kedelapan fregat tersebut terdiri dari enam fregat multi-misi FREMM (Fregata europea multi-missione) serta dua fregat “Maestrale” (frigat ASW) yang akan segera dicabut pendaftarannya oleh Angkatan Laut Italia.

Spesifikasi Kapal Perang Baru Indonesia

Fincantieri akan membeli dua frigat Maestrale dari pemerintah Italia dan mengupgradenya dengan peralatan terbaru sebelum diserahkan sebagai kapal perang Indonesia.

Dikutip DepokToday.com dari Defence Security Asia, kapal perang ini memliki spesifikasi sebagai berikut:

Berat antara 5.500 ton hingga 6.700 ton, jarak operasi 12.900 km, kecepatan di atas 30 knot. Tidak hanya desain fregat FREMM ini yang sangat menarik tetapi kemampuannya juga tidak perlu diragukan lagi. (rul/*)