Wow.. Berjalan Kaki Setelah Makan Bisa Timbulkan Efek Baik Ini ke Tubuh

Ilustrasi jalan (istimewa)
Ilustrasi jalan (istimewa)

DEPOK – Memiliki tubuh yang bugar jadi keinginan banyak orang. Cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan berolahraga yang rutin.

Berbagai macam olahraga ringan dan mudah bisa dilakukan. Mungkin yang paling banyak jadi pilihan karena gampang ialah berjalan kaki.

Sejumlah peneliti menemukan hasil mereka yang rutin berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit setiap hari, memiliki kemungkinan sakit lebih rendah hingga 43 persen. Mereka yang rajin berolahraga ringan ini juga membuat yang sakit bisa lebih cepat sembuh.
Sejumlah manfaat lain juga bisa didapatkan karena rutin berjalan, bahkan kegiatan ini bisa dilakukan setelah makan, berikut dirangkum dari berbagai sumber 6 mafaatnya.

6 Manfaat Berjalan Kaki Setelah Makan

1.Lancarkan pencernaan
Gerakan selama berjalan dapat mendorong stimulasi lambung dan usus. Dengan begitu, makanan bergerak lebih cepat.
Aktivitas yang rendah hingga sedang setelah makan memiliki efek perlindungan pada saluran gastrointestinal yang membantu mencegah penyakit sindrom iritasi usus besar, tukak lambung, sembelit, dan kanker kolorektal.
2. Lancarkan metabolisme
Dengan berjalan tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan membuat kita tetap bugar. Ketika metabolisme meningkat, tubuh akan memiliki lebih banyak energi.

3.Mengatur gula darah

Glukosa dalam darah akan meningkat setelah makan, terutama jika makanan yang dikonsumsi mengandung banyak karbohidrat. Menurut studi pada 2018, durasi berjalan dapat memengaruhi glukosa darah postprandial atau kadar gula darah pasca makan. Temuan tersebut menunjukkan bahwa berjalan kaki dengan singkat setelah makan dapat menurunkan kadar glukosa darah lebih banyak daripada berjalan kaki sebelum makan.

4. Membantu kesehatan mental
Dengan berjalan, tubuh akan melepaskan endofin yang bertindak seperti obat penghilang rasa sakit secara alami. Hal tersebut dapat mengurangi ketidaknyamanan, meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan menimbulkan perasaan yang lebih rileks.
5.Kualitas tidur meningkat
Berjalan santai setelah makan dapat bermanfaat bagi orang yang tidak mengidap insomnia. Melakukan olahraga dalam porsi sedang dapat membantu seseorang tidur nyenyak. Namun, olahraga berat dapat mengganggu tidur seseorang.
6.Turunkan tekanan darah
Olahraga ringan secara teratur mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang baik untuk kesehatan jantung. Untuk memberikan kesehatan jantung yang optimal. (lala/*)