Wow, 8 Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Ini Mampu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi pekerjaan ibu rumah tangga. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pekerjaan ibu rumah tangga. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi di masa pandemi ini, namun bagi anda yang merupakan ibu rumah tangga, kesibukan di rumah mungkin jadi kesulitan tersendiri untuk rutin berolahraga.

Tapi jangan khawatir, melansir dari Haibunda, penelitian menunjukkan bahwa melakukan pekerjaan rumah tangga yang sederhana sekitar 11 sampai 12 jam per minggu bisa membantu menurunkan berat badan.

Beberapa pekerjaan rumah tangga yang dilakukan secara bersamaan bisa membakar kalori hingga 2.300 dalam seminggu.

Dengan asumsi ini maka anda dapat kehilangan berat badan 1 kilogram setiap bulan. Namun, tentunya tidak langsung secara drastis turun, terutama bila tak menjaga pola makan. Namun setidaknya bisa menjadi cara anda tetap aktif tanpa harus meluangkan waktu khusus berolahraga di gym.

Berikut sederet pekerjaan rumah tangga yang bisa membantu diet turun berat badan.

1.Membersihkan debu di rumah

Kegiatan menyedot debu bisa membantu membakar lemak dalam tubuh? Dilansir dari Daily Mail, satu jam menyedot debu sama dengan 20 menit pergi jogging.

Jika melakukan pembersihan debu menggunakan vacuum cleaner selama kurang lebih satu jam maka bisa membakar sekitar 175 kalori. Saat membersihkan debu, tidak lupa bagian kolong furniture, kursi, atau sofa.

Hal ini membuat anda harus memindahkan furniture agar semua lantai bersih. Memindahkan berbagai furniture selama kurang lebih satu jam bisa membantu membakar lebih dari 400 kalori.

2.Menyetrika

Kegiatan rumah tangga selanjutnya yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah menyetrika. Kegiatan menyetrika baju bisa membakar kurang lebih 157 kalori per jam. Tidak lupa menyalakan musik agar lebih semangat dalam mengerjakan aktivitas tersebut.

3.Mengepel

Berdasarkan laporan yang disusun oleh StarBrands, salah satu pekerjaan rumah tangga paling bermanfaat adalah mengepel lantai. Jika dilakukan selama kurang lebih satu jam maka bisa membantu membakar 259 kalori atau setara dengan berenang selama 45 menit.

Mengepel lantai hanya 20 menit maka kemungkinan kehilangan kalori sebanyak 157. Ini sama seperti melakukan aerobik air selama 30 menit.

Mengepel lantai tidak hanya membantu membakar lemak tapi juga menjadi cara yang bagus untuk melatih otot inti, lengan, dan kaki. Gerakan bolak-balik saat mengepel juga membantu memperkuat punggung dan bahu serta memberikan peregangan baik pada perut.

Kalau anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, hindari menggunakan kain pel bertongkat. Mengepel dengan cara bertumpu pada tangan dan lutut. Jika dilakukan selama 10 sampai 15 menit maka lemak yang terbakar setara dengan mengikuti kelas zumba atau aerobik.

Baca Juga: Waspadai 5 Penyebab Kanker Sinus, Salah Satunya karena Gaya Hidup

4.Membersihkan kaca

Membersihkan kaca juga punya peran untuk membantu menurunkan berat badan. Jika membersihkan kaca jendela dan seluruh rumah yang dilakukan selama kurang lebih satu jam maka bisa membakar 231 kalori. Itu setara dengan olahraga lari selama 15 menit.

5.Membersihkan kamar mandi

Pekerjaan rumah tangga lainnya yang membantu membakar kalori adalah membersihkan kamar mandi. Dalam laporannya bisa membakar hingga 256 kalori. Kalau dilakukan selama kurang lebih satu jam maka sama dengan lari berputar 25 menit.

6.Merapikan tempat tidur

Merapikan tempat tidur setiap hari ternyata bisa membantu membakar kalori? Meski sedikit tapi tetap bisa membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Kalau anda merapikan tempat tidur setiap hari maka bisa mengurangi sekitar 45 kalori per minggu.

7.Memasak dan mencuci piring

Memasak menjadi salah satu pekerjaan rumah tangga harian yang bisa membantu menurunkan berat badan. Memasak makanan sendiri juga selalu merupakan pilihan yang sehat karena memberikan kendali atas jumlah mentega, garam, dan bahan lain yang digunakan dalam makanan.

Memasak sendiri akan membuat anda yang merupakan ibu rumah tangga memiliki makanan sehat hingga bisa mengurangi stres bagi sebagian orang. Dari menemukan hal-hal yang dibutuhkan untuk memotong, mengaduk, duduk, dan berdiri, semuanya juga menjadi latihan yang menargetkan hampir semua bagian tubuh, termasuk area perut.

Sementara mencuci piring setelah memasak makanan sehat akan menjadi latihan yang bagus untuk menggerakkan tubuh, terutama bagian lengan dan perut.

8. Mencuci mobil

Mencuci mobil bisa menjadi pekerjaan rumah tangga yang membantu membakar kalori secara efektif. Totalnya bisa membakar 314 kalori selama satu jam atau sama dengan 45 menit latihan tinju.

Selanjutnya hanya mengingatkan kalau setiap melakukan pekerjaan rumah tangga, rata-rata satu menit kegiatan membutuhkan sekitar 72 langkah. Kalau dilakukan selama 30 menit maka bisa menambahkan sekitar 2.000 langkah ke total harian.(lala/*)