Wisma Makara UI Siap Digunakan Kembali Untuk Umum

Wisma Makara UI adalah salah satu tempat karantina pasien OTG COVID-19 di Depok (Istimewa)
Wisma Makara UI adalah salah satu tempat karantina pasien OTG COVID-19 di Depok (Istimewa)

DepokToday – Wisma Makara Universitas Indonesia atau UI siap digunakan lagi untuk umum. Setelah sebelumnya pemerintah secara resmi menutup tempat itu sebagai lokasi isolasi mandiri bagi pasien OTG COVID-19.

Kepala Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM) Makara Hospitality Management (MHM) Wisma Makara UI, Erick A. Soyer mengatakan, pihaknya menjamin keamanan dan kesterilan penginapan itu meski sempat diisi pasien COVID-19.

“Yang pertama desinfektan, disinfeksi setiap kamar, setiap sudut, dan di semua gedung. Lalu yang kedua, kamar-kamar yang mengalami kerusakan akan diperbaiki,” kata Erick belum lama ini.

Selain itu, lanjut Erick, pihaknya tetap menunggu referensi dari Dinas Kesehatan Kota Depok sebelum membuka kembali Wisma Makara UI untuk umum. “Semua itu akan diinspeksi lagi oleh tim Dinas Kesehatan dan diberikan referensi bahwa Wisma Makara sudah layak digunakan untuk umum. Setelah ada surat Dinkes, baru kita buka kembali untuk umum,” kata Erick.

Wali Kota Depok Mohammad Idtis saat menyampaikan apresiasi kepada tenaga medis Wisma Makara UI. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Depok Mohammad Idtis saat menyampaikan apresiasi kepada tenaga medis Wisma Makara UI. (Foto: Istimewa)

Lebih jauh Erick mengatakan, pasien terakhir COVID-19 di Wisma Makara melakukan check out pada tanggal 22 September 2021 lalu, artinya sudah lebih dari satu bulan lokasi itu kosong sebelum akhirnya ditutup secara resmi oleh Pemerintah Kota Depok pada Selasa 19 Oktober 2021.

“Sebelumnya, Wisma Makara menyediakan kapasitas sebanyak 120 tempat tidur untuk para pasien isoman COVID-19 tanpa gejala, yang diprioritaskan bagi warga KTP Kota Depok sejak November 2020. Upaya ini dilakukan sebagai dukungan program pemerintah guna percepatan penanganan COVID-19, khususnya Kota Depok.” kata Erick.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Depok Mohammad Idris menutup secara resmi Wisma Makara sebagai lokasi karantina bagi pasien COVID-19 tanpa gejala setelah hampir satu tahun digunakan.

“Alhamdulillah, kondisi sudah menurun namun tetap harus mengantisipasi dengan menjaga kesehatan, memakai masker dan cuci tangan agar penyebaran COVID-19 tidak lagi terjadi seperti setahun atau enam bulan lalu,” kata Idris Selasa 19 Oktober 2021.

“Dengan ditutupnya ini, sebagai simbol bahwa memang nol kasus disini (Wisma Makara UI),” sambungnya. (ade/*)