WhatsApp dan Instagram Down Sejak Semalam, Ini Penyebabnya

Aplikasi resmi WhatsApp melarang keras menggunakan WhatsApp GB. Foto ilustrasi-PhoneArena
Aplikasi resmi WhatsApp melarang keras menggunakan WhatsApp GB. Foto ilustrasi-PhoneArena

DepokToday – Sejak tadi malam, pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp di seluruh dunia melaporkan tidak dapat mengakses aplikasi tersebut. Mengutip liputan6.com hal ini terjadi karena adalah masalah pada DNS (Domain Name System).

Sejumlah pengguna disarankan untuk memeriksa apakah ada kesalahan ketik pada domain yang dimasukkan di bilah alamat.

“Situs ini tidak dapat dijangkau. Periksa apakah ada kesalahan ketik di facebook.com. Jika ejaannya benar, coba jalankan Windows Network Diagnostics,” demikian pesan yang muncul saat membuka laman Facebook tadi malam.

Pengguna smartphone juga melaporkan bahwa aplikasi Facebook maupun Instagram tidak berfungsi, dan muncul tulisan “Silakan periksa koneksi internet Anda dan coba lagi nanti.”

Baca Juga:Jet Tempur China Manuver ke Republik Tiongkok, Taiwan: Merusak Perdamaian Regional

Hingga pagi ini, aplikasi tersebut telah bisa diakses, namun masih ada sejumlah pengguna yang melaporkan tidak dapat mengakses.

Di Indonesia, ketiga aplikasi itu mulai tidak dapat diakses atau merespon pada pukul 22:15 WIB. Keadaan itu berlangsung hingga pagi hari.

Baca Juga: Cegah Timbul Klaster Baru, Wali Kota Akan Swab Keliling Dua Minggu di PTM Terbatas

Tidak diketahui apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down karena ada maintenance internal, masalah dengan server pada ketiga platform tersebut atau layanan mereka diserang.

Dalam pengujian BleepingComputer, server DNS Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons, yang menunjukkan bahwa ini adalah kesalahan konfigurasi DNS atau masalah server. (lala/*)