Waspadai Rasa Lapar Terus Datang Padahal Sudah Makan, Ini 6 Faktornya

Ilustrasi makanan bergizi (Istimewa)
Ilustrasi makanan bergizi (Istimewa)

DepokToday – Memiliki rasa lapar merupakan tanda dimana tubuh mengirimkan sinyal butuh energi. Tapi, jangan salah memaknai rasa lapar yang terus datang ketika kita sudah makan.

Lapar yang terus datang menandakan ada pola hidup yang kita jalani selama ini tidak benar. Waspadai hal tersebut, sebab jika dibiarkan, efek jangka panjangnya bisa berbahaya.

Berikut ini penjelasan faktor yang membuat tubuh sering lapar padahal baru saja makan, seperti dilansir dari beautynesia:

1. Kurang protein

Faktor sering merasa lapar adalah kurangnya protein yang dikonsumsi. Protein merupakan zat yang dapat mengontrol nafsu makan dan dapat mengurangi nafsu makan dengan menambah produksi hormon yang dapat mengendalikan rasa kenyang dan mengurangi hormon yang merangsang rasa lapar. Kalian bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, ayam, serta ikan yang mengandung banyak protein.

2. Kurang tidur

Selain dapat menurunkan daya tahan tubuh, ternyata tidur juga dapat menyebabkan kita sering lapar, lho! Tidur yang cukup dapat mengendalikan hormon perangsang nafsu makan, sehingga kamu tidak akan merasa sering lapar. Sebaiknya kamu tidur kurang lebih 8 jam ya!

3. Stres

Stres ternyata juga dapat menyebabkan kamu menjadi sering lapar karena kadar kortisol di dalam tubuh meningkat. Hal ini menyebabkan kalian ingin mengonsumsi makanan tertentu dan ingin makan terus. Jika kamu merasa stres atau sedang banyak pikiran, cobalah untuk mengatur pola makan secara bergizi dan seimbang.

Baca Juga: Alhamdulillah, Pekan Ini Depok Masuk Zona Kuning Penyebaran COVID-19

4. Kekurangan cairan

Jika tubuh kamu kurang cairan atau tidak terhidrasi dengan baik, maka akan membuat kamu mudah lapar. Oleh karena itu, konsumsilah air putih secara cukup agar dapat mengurangi nafsu makan dan dapat membantu menjaga kita agar tetap kenyang. Minum air memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, yakni dapat meningkatkan kesehatan otak dan jantung, serta dapat menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

5. Diet rendah lemak

Kekurangan lemak, juga bisa menjadi penyebab kamu sering lapar. Lemak memiliki peran untuk membuat perut menjadi kenyang. Nah, apabila kalian sedang diet, sebaiknya jangan terlalu berlebihan menghindari makanan yang mengandung lemak. Justru hal itu akan membuat kamu lebih lapar.

6. Makan terlalu cepat

Kecepatan saat mengonsumsi makanan ternyata juga mempengaruhi nafsu makan, lho. Hal ini ternyata dapat menurunkan kesadaran bahwa kamu sudah kenyang. Sebaiknya, makanlah dengan kecepatan yang lebih lambat dan kunyahlah makanan dengan perlahan agar dapat memberikan waktu lebih lama bagi tubuh dan otak untuk melepaskan hormon anti-lapar dan menyampaikan sinyal kenyang. (lala/*)