Waspadai Jika Kondisi Ini Terjadi di Mata, Bisa Jadi Kolesterol Anda Tinggi, Begini Atasinya

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kolesterol tinggi. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Kolesterol yang tinggi menjadi momok dan pemicu penyakit lainnya. Ya, banyak penyakit yang disebabkan oleh kolesterol yang tinggi.

Namun, tanda anda memiliki kolesterol yang tinggi bisa muncul dari kondisi tubuh. Tidak banyak yang tau kalau kondisi mata seperti ini bisa menjadi tanda kolesterol di tubuh ada tinggi.

Melansir dari grid.id, melalui panca indra ataupun organ lain dapat memunculkan gejala suatu penyakit. Salah satunya adalah jika Anda mendapati tanda kolesterol tinggi.

Akan terlihat bercak putih di sekitar kelopak mata yang merupakan tanda penumpukan kolesterol. Kondisi ini juga dikenal sebagai arcus kornea atau xanthelasma.

Memang hal ini tidak selalu menandakan kolesterol tinggi, tapi akan lebih bijak jika Anda memastikannya ke dokter. Asal tahu saja, penyebab munculnya endapan kolesterol adalah gangguan metabolisme, sirosis bilier primer, diabetes, bisa juga kanker.

Penumpukan kolesterol yang terjadi di sekitar mata dan tidak menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, namun sangat mengganggu penampilan.

Mereka muncul dalam berbagai ukuran dan warnanya kekuningan. Bisa pula tumbuh di mana-mana di sekitar mata bahkan hingga ujung mata.

Penumpukan kolesterol tersebut bisa dengan mudah dihilangkan dengan operasi meski berisiko. Sebab posisinya sangat dekat dengan mata dan akan meninggalkan bekas luka.

Cara Turunkan Kolesterol Tinggi

Baca Juga: Dokter Zaidul Akbar Sarankan Para Wanita Hindari Makanan Ini, Efeknya Berbahaya

Ada beberapa solusi alami untuk mengurangi munculnya deposit kolesterol yang bisa terjadi di sekitar mata kita. Untuk mengatasi penumpukan kolesterol di sekitar mata, Anda perlu menurunkan kadar kolesterol.

Caranya mudah dan tidak perlu ke dokter. Coba bahan alami ini. Jika Anda termasuk mengalami kadar kolesterol tinggi, ternyata tidak perlu obat kok untuk mengatasinya.

Ya, sayur kubis atu kol yang biasanya digunakan untuk memasak sup ataupun lalapan, ternyata ampuh untuk mengtasi kolesterol yang naik.

Kubis mengandung vitamin A,C, B, kalium, klor, iodium, fisfor, sodium, flovanoid dan sulfur. Dimana semua kandungan tersebut membuat kubis bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Untuk merasakan manfaatnya mudah, cukup membuat kubis sebagai jus kubis.

Dimana untuk menurunkan kolesterol, kita bisa konsumsi 100 ml jus kubis per hari secara rutin. Meski begitu, dalam mengonsumsi jus kubis ini baiknya kita tidak berlebihan. Sebab kita bisa mengalami efek samping dari konsumsi kubis, yakni berupa perut kembung.

Namun berbicara tentang mengontrol kadar kolesterol, memang penting bagi kita untuk melakukannya. Terutama dalam mengontrol kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Berbagai penelitian membuktikan kadar kolesterol dapat memicu komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan akumulasi berbahaya kolesterol dan endapan lain di dinding arteri (aterosklerosis). Deposit (plak) ini dapat mengurangi aliran darah melalui arteri, yang dapat menyebabkan komplikasi, seperti nyeri dada, serangan jantung dan stroke. Tentu komplikasi tersebut harus dihindari.

Salah satu caranya dengan rutin mengonsumsi jus kubis. Nah, jika tidak sekarang kapan lagi Anda mendapatkan solusi murah untuk kesehatan Anda. Selain dijadikan jus, Anda juga bisa membuat air rendaman kubis untuk mendapatkan manfaatnya. (lala/*)