Waspada, Tanda Jantung Bermasalah Diawali dengan Ciri Ini

Ilustrasi serangan jantung (Foto: Istimewa)
Ilustrasi serangan jantung (Foto: Istimewa)

DepokToday– Penyakit kardiovaskular atau seder tanda jantung bermasalah telah menelan banyak nyawa. Henti jantung dan serangan jantung adalah beberapa komplikasi jantung yang paling umum namun mematikan, mengingat keduanya datang tiba-tiba. Karena itu, sangat penting untuk tahu kapan harus mengambil tindakan.

Berikut beberapa tanda peringatan yang harus diwaspadai, dilansir dari Times of India.

Penderita penyakit jantung mungkin mengalami serangan kecemasan dan jantung berdebar-debar. Penelitian juga menunjukkan orang yang menghadapi kecemasan ekstrem sejak awal kehidupan lebih rentan terhadap penyakit jantung.

Kecemasan adalah hasil gaya hidup yang penuh tekanan atau gangguan kesehatan mental. Gejala umum lain dari kecemasan adalah peningkatan detak jantung yang tidak normal, juga dikenal sebagai jantung berdebar. Orang dengan detak jantung tidak teratur lebih berisiko mengalami komplikasi jantung.

Banyak orang sebelum mengalami serangan jantung telah melaporkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di bagian tengah dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit.

Ini dapat menyebabkan nyeri dada parah yang datang dan pergi dan seiring waktu menyebar ke lengan, leher, rahang, dan bagian tubuh lain. Nyeri lengan kiri adalah salah satu gejala paling umum dari serangan jantung.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, orang harus mencari bantuan medis jika nyeri lengan kiri tiba-tiba memburuk selama beberapa menit.

Masalah gangguan pencernaan, sakit perut, mual, dan kehilangan nafsu makan telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular.

Meskipun gejala-gejala ini tampak seperti penyakit gastrointestinal yang umum, orang harus waspada dan mencari semua bantuan yang diperlukan.

Baca Juga: Rusuh Yahukimo Diduga Libatkan KKB, Ribuan Orang Mengungsi

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), penderita masalah jantung mungkin merasa lemah, pusing, atau mungkin pingsan. Anda mungkin juga berkeringat dingin.

Ketika jantung bermasalah, organ itu tidak memompa darah dengan baik dan sirkulasi darah ke otak berkurang, hal itu menyebabkan pusing, yang menyebabkan hilangnya kesadaran. Setiap kali mengalami episode seperti itu, penting untuk menghubungi dokter dan memeriksakan jantung.

Kulit juga dapat mengungkapkan banyak hal tentang seberapa baik fungsi jantung. Meskipun ini bukan tanda yang paling umum, ketika terjadi, bisa jadi karena jantung tidak memompa cukup darah, yang menyebabkan berkurangnya aliran darah dan penurunan sel darah merah.

Namun, jangan langsung panik saat melihat kulit pucat, cari bantuan medis untuk mengidentifikasi sumber kulit pucat. (lala/*)