Waspada, Ridwan Kamil Duga COVID-19 Varian Delta Masuk di Jabar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meninjau simulasi vaksinasi COVID-19 di Depok (DepokToday.com)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meninjau simulasi vaksinasi COVID-19 di Depok (DepokToday.com)

DEPOK – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduga varian baru COVID-19 yaitu Delta sudah masuk di Jawa Barat. Karena itu, dia meminta warganya ekstra waspada dengan mematahui protokol kesehatan secara lebih baik lagi.

Seperti dilansir dari Republika, Ridwan Kamil meminta warganya tetap tenang dengan adanya varian baru yang diketahui berasal dari India.

“Per hari ini belum ada data. Feeling saya sih ada ya (COVID-19 varian Delta di Jabar), tapi harus kita tunggu secara keseluruhan,” kata pria yang akrab dipanggil Kang Emil usai Rapat Komite Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Makodam III/Siliwangi Kota Bandung, Selasa 15 Juni 2021.

Baca juga: Jumlah Korban Meninggal COVID di 10 Kab-Kota Jabar, Depok Diposisi Ini

Dia menyebutkan, berdasarkan dari data Kementrian Kesehatan, varian baru ini telah ditemukan di DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Sedangkan untuk Jawa Barat, masih harus menunggu hasil tes yang saat ini masih dilakukan. “Yang Bandung sedang dites genome-nya, hasilnya belum keluar,” jelas dia.

Dengan kondisi saat ini, Ridwan Kamil tidak hentinya meminta warga Jawa Barat untuk meningkatkan kewaspadaan. Terlebih dalam mematuhi protokol kesehatan. Sebab, saat ini hanya itu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal penyebaran COVID-19.

“Kalaupun ada (varian baru di Jabar), jawabannya sama saja, hanya prokes 5M, kedisiplinan dan persiapan karena daya mematikannya tidak terlalu tinggi,” tegas dia. (lala/*)