Waspada, Kasus COVID-19 di Depok Kembali Tinggi

Pemerintah Kota Depok bersama aparat terkait kembali melakukan razia protokol kesehatan untuk menekan penyebaran COVID-19 di Kota Depok. (Depoktoday.hops.id)
Pemerintah Kota Depok bersama aparat terkait kembali melakukan razia protokol kesehatan untuk menekan penyebaran COVID-19 di Kota Depok. (Depoktoday.hops.id)

DEPOK- Penyebaran COVID-19 di Kota Depok kembali mengalami peningkatan. Akibatnya, ruang ICU sejumlah rumah sakit pun kini mulai terbatas lantaran banyaknya pasien yang harus ditangani.

“Penyebaran COVID-19 terjadi peningkatan yang cukup tajam dari 250 menjadi 350 kasus,” kata Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono dikutip pada Senin 14 Juni 2021.

Ia menjelaskan, kondisi ini telah menyebabkan rasio ruang ICU di sejumlah rumah sakit rujukan di Kota Depok sudah diangka 65 persen.

“Artinya sudah sulit untuk orang sakit COVID-19 ini di ICU kan.”

Sedangkan untuk perawatan isolasi, kata Imam, di beberapa rumah sakit sudah terisi 68 persen. “Artinya peningkatannya cukup tajam.”

Baca Juga: Sri Mulyani Katakan Akan Ada Ancaman Baru di Dunia Seperti Covid-19

Terkait hal itu, Pemerintah Kota Depok bersama instansi terkait pun terpaksa melakukan operasi yustisi secara serentak. Dan ini juga dilakukan sejumlah daerah lainnya, termasuk Jakarta.

“Kita melakukan ini dalam rangka sayang kepada mereka (masyarakat), jadi kita persuasif saja tidak secara frontal untuk melakukan pencegahan ini dengan memberikan masker dan membubarkan kerumunan yang memungkinkan terjadinya penyebaran,” ujarnya.

Upata TNI-Polri Atasi COVID-19 di Depok

Terkait kondisi ini, Imam berharap, masyarakat tetap menjaga dan mematuhi aturan pemerintah agar penyebaran COVID-19 bisa kembali turun.

“Ini kan memang menjelang hari raya, sebulan kemudian ada rencana pembelajaran tatap muka, ini akan mendukung apabila terjadi penurunan,” tutur Imam.

“Namun apabila lonjakan ini tidak terjadi, tetep dengan PJJ (pembelajaran jarak jauh), kan kasian juga orang tua,” timpalnya lagi.

Sementara itu, Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Imran Edwin Siregar menegaskan, pihaknya bersama TNI dan Pemerintah Kota Depok akan berupaya semaksimal mungkin untuk menekan penyebaran COVID-19.

“Tentunya seperti yang disampaikan Pak Wakil tadi, kami pun akan berjuang untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di kota ini,” katanya. (rul/*)