Waspada! Bandit Berkedok Debt Collektor  

Ilustrasi pencurian motor (istimewa)

TAPOS– Polres Metro Depok berhasil meringkus dua pelaku penipuan dengan modus debt collektor alias penagih hutang. Dalam aksinya itu, pelaku membawa kabur satu unit sepeda motor milik debitur FIF.

Kepala Satuan Reskrim Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Deddy Kurniawan mengungkapkan, kedua pelaku yakni Levinus Gerald Nenabu alias Gerald (31 tahun) dan  Sri Untung alias Untung (36 tahun). Mereka dibekuk di Jalan Raya Bogor, pada Rabu 8 Januari 2020.

“Jadi pelaku ini mengaku dari pihak FIF dan mengatakan pada korban bahwa motornya sudah telat bayar sehingga ditarik. Namun setelah di cek di FIF sepeda motor tersebut tidak ada,” katanya

Deddy menjelaskan, kasus itu terungkap setelah korbannya, yakni Ferry  Alviyanto melaporkan adanya kecurigaan atas ulah pelaku ke polisi.

“Jadi awalnya ada warga yang melaporkan tentang kejadian penipuan dan atau penggelapan tersebut yang dilakukan oleh beberapa orang yang mengaku dari pihak FIF,” jelas Deddy

Mendapati adanya aduan tersebut, polisi pun langsung melakukan penyelidikan hingga akhirnya meringkus keduanya di kawasan Jalan Raya Bogor. Dari hasil introgasi, kedua pelaku pun mengaku telah melakukan perbuatan tersebut sebanyak tiga kali.

“Pengakuannya sepeda motor tersebut telah dijual dan uangnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Saat ini kasusnya sedang kami selidiki lebih lanjut,” kata Deddy. (rul/*)