Waspada, Ban Truk pun Jadi Incaran Pencuri

Ilustrasi truk (istimewa)

TAPOS- Kasus pencurian ban akhir-akhir ini mulai marak terjadi. Di kawasan Tapos, Depok, Jawa Barat, pelakunya bahkan menyasar kendaraan besar, jenis truk.

Adalah Dadan Suhendi, pria 40 tahun yang terpaksa berurusan dengan polisi akibat ulahnya itu. Kejadian bermula ketika Dadan yang sehari-harinya beprofesi sebagai sopir truk ini melintas di kawasan Jalan Baru, Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos.

Niah jahatnya itu muncul ketika melihat ada truk lain yang sedang terparkir bebas tanpa ada pengemudinya. Situasi yang sepi, membuat pelaku nekat melancarkan aksinya tersebut.

“Pelaku ini sopir truk juga, tapi truk yang dikendarainya enggak ada ban serep. Nah pelaku melihat ada truk yang sedang di parkir di pinggir jalan, disitulah niat jahatnya muncul,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Deddy Kurniawan, Senin 3 Februari 2020.

Bermodal sejumlah alat, Dadan kemudian mengutak-atik ban truk tersebut. Namun apes, aksinya keburu dipergoki korban. Kaget bercanpur emosi, korban pun berteriak maling.

“Teriakan korban menyedot perhatian warga hingga akhirnya pelaku terkepung. Disaat bersamaan ada anggota kami yang sedang patroli. Agar tidak terjadi aksi main hakim, pelaku kemudian kami bawa ke polsek,” katanya

Akibat ulahnya itu, Dadan terancam jeratan Pasal 53 junto 363 KUHP tentang percobaan pencurian. Kasusnya ditangani Polsek Cimanggis.

“Adapun barang bukti yang berhasil diamankan diantaranya kunci pembuka ban serep dan ban serep. Kasusnya ditangani Polsek Cimanggis,” tutur Deddy (rul/*)