Warga Terpapar COVID, Perumahan Taman Cipayung Depok Lockdown

Tim Satgas COVID-19 melakukan swab pada sejumlah warga di Perumahan Taman Cipayung, Depok (DepokToday.com)
Tim Satgas COVID-19 melakukan swab pada sejumlah warga di Perumahan Taman Cipayung, Depok (DepokToday.com)

SUKMAJAYA- Tim satuan tugas penanganan COVID-19 bergerak cepat usai temuan sejumlah kasus positif di Perumahan Taman Cipayung, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Terkait kasus ini, beberapa wilayah di perumahan tersebut pun terpaksa menerapkan lockdown atau penutupan sementara. Tak tinggal diam, Kapolsek Sukmajaya, Ajun Komisaris Polisi Syafri Wasdar bersama sejumlah pihak terkait pun langsung melakukan langkah-langkah mitigasi, di antaranya dengan menggelar swab pada sejumlah warga setempat.

“Jadi setelah dapat infomasi itu (kasus COVID-19) kami bersama Koramil Sukmajaya dan jajaran pemerintah daerah langsung turun ke lokasi kejadian, melakukan tracing pada sejumlah warga,” kata Syafri, Selasa 22 Juni 2021.

Dari laporan yang ia terima, tercatat ada sebanyak 25 orang yang terkonfirmasi positif di perumahan tersebut. Untuk mencegah terjadinya penularan, tim satgas pun akhirnya mengeluarkan sejumlah kebijakan, di antaranya, membatasi kegiatan solat lima waktu di masjid dengan kapasitas 50 persen.

“Khusus untuk solat Jum’at ditiadakan selama 14 hari ke depan terhitung mulai tanggal 21 Juni 2021,” ucap Syafri.

Peraturan untuk Perumahan di Depok yang Lockdown

Kemudian, aktifitas olahraga yang dilakukan secara berkumpul seperti senam, futsal, dan pimpong ditiadakan dan lapangan ditutup. Tak hanya itu, untuk sementara kegiatan aktivitas perdagangan dibatasi sampai dengan pukul 21:00 WIB.

“Untuk kegiatan resepsiatau  acara ditunda sementara. Kegiatan pengajian juga ditiadakan sementara. Kemudian tamu dari luar wajib lapor pada pihak keamanan perumahan.”

Selain melakukan swab secara acak, petugas juga melakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan di kawasan tersebut.

Perumahan Taman Cipayung Depok lockdown (DepokToday.com)
Perumahan Taman Cipayung Depok lockdown (DepokToday.com)

Pasien COVID Gelar Hajatan, Hoax

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita, membantah berita adanya pasien positif COVID-19 di kawasan Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong yang tidak melakukan isolasi dan malah berkeliaran menggelar hajatan.
Dari hasil penelusuran yang dilakukan pihaknya hari ini, pasien tersebut telah melakukan isolasi mandiri pasca diketahui positif COVID-19. Sedangkan, mereka yang menggelar hajatan merupakan tetangga pasien positif virus asal Tiongkok itu.
“Saya baru dapat aja klarifikasinya dari satgas. Ternyata yang hajatan itu yang sebelahnya dia,” ungkap dia Selasa 22 Juni 2021.
Ketika dinyatakan positif, satgas di tingkat RW menurut dia telah melakukan pemantauan kepada yang bersangkutan. Pasien juga terpantau melakukan isolasi mandiri dengan baik. Jadi, bisa dipastikan pasien tersebut tidak berkeliaran. Baca Selengkapnya di sini: Kadinkes Bantah Pasien Covid Berkeliaran dan Gelar Hajatan, Cek Faktanya 

(rul/*)