Warga Perumahan Bumi Husada Indah Lomba 17-an Secara Virtual

Warga Perumahan Bumi Husada Indah ketika mengikuti lomba secara virtual.(Istimewa)

KALIBARU-Warga Perumahan Bumi Husada Indah (BHI) RT 06/RW 06 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, menggelar perlombaan secara virtual atau online dalam rangka memperingati Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

Ketua RT 06, Sondang Bach Ruli, mengatakan, perlombaan 17-an untuk tahun 2020 ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 saat  ini membuat pihaknya lebih berhati-hati dan meminimalisasi kerumunan.

“Nah, salah satu solusinya yaitu dengan mengadakan lomba 17 Agustus online,” katanya, kepada wartawan, Minggu (22/8/2020).

Dikatakannya, kondisi pandemi yang mengharuskan warga mengikuti protokol kesehatan tentu tak bisa menghalangi rasa sukacita merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Meski dilakukan secara virtual atau tak bertatap muka langsung, berbagai jenis lomba tetap bisa mengasah kreativitas dan jiwa kompetisi yang sehat.

“Untuk lomba 17-an untuk tahun ini dilakukan secara online melalui program zoom melalui whats app yang sudah didesain oleh panitia yang diketua Gatot alias Gatel,” paparnya.

Perlombaan melalui online ini sebagai langkah mematuhi Surat Keputusan Wali Kota Depok tentang larangan perlombaan HUT Kemerdekaan RI di masa pandemi Covid-19

Meskipun perlombaan dilakukan secara online, orangtua dan anak-anak terlihat sangat senang dan antusias meskipun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Lomba-lomba di dalam rumah dapat memberikan semangat baru kepada anak-anaknya dengan suasana berbeda,” ucap pak RT.

Dengan mengikuti lomba-lomba itu, memperingati HUT RI menjadi tidak monoton karena anak-anak hanya belajar online, menonton televisi dan bermain gawai.

Upacara dan lomba-lomba fisik biasanya sebagai wujud penghormatan kepada jasa para pahlawan sekaligus rasa syukur 75 tahun merasakan nikmat kemerdekaan.

“Kita tetap wajib memperingati HUT RI itu dengan mentaati segala aturan protokol kesehatan di lingkungan,” paparnya.

Meski dengan cara yang berbeda seperti peringatan selama ini, nilai-nilai patriotisme dikalangan anak-anak mesti tetap diterapkan.

Tapi ia juga punya harapan agar tahun depan semoga saja pandemi telah usai agar Indonesia lebih baik dan 17 Agustus bisa meriah lagi dengan beragam acara.

“Semoga pandemi ini cepat berakhir, dan negara bisa menjalankan roda pemerintahan dengan normal kembali. Amin,” tegasnya.

(hen)