Warga Kelurahan Ratu Jaya Diguyur Ratusan Sertifikat Tanah

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi saat memberikan sertifikat tanah (Foto Istimewa)
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi saat memberikan sertifikat tanah (Foto Istimewa)

DepokToday – Sebagai komitmen mewujudkan kepastian hukum kepada warganya, 300 sertifikat tanah diberikan kepada warga di Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung pada Kamis 11 November.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono memberikan sertifikat ini secara simbolis kepada warga yang disaksikan secara langsung oleh camat, lurah, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

“Ini merupakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia. Kali ini kita bagikan 300 sertifikat tanah yang diserahkan secara simbolis,” papar dia dilansir dari beritadepok.go.id.

Imam mengatakan, dengan sertifikat tanah ini, dapat memberikan kepastian hukum terhadap kepemilikan tanah. Dokumen tersebut juga bisa menjadi alokasi modal bagi masyarakat yang ingin berwirausaha.

Baca Juga: Jam Tidur di Waktu Ini Pengaruhi Risiko Mendapat Penyakit Jantung

“Boleh diagunkan ke bank dengan tujuan modal usaha atau memutar uang. Jangan untuk hal-hal yang konsumtif, beli elektronik atau fashion misalnya. Karena ini akan merugikan,” ungkap dia.

Senada, Ketua Tim II PTSL Badan Pertanahan Nasional (BPN), Tosse mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 2.500 sertifikat tanah yang akan dibagikan untuk warga di Kelurahan Ratujaya. Saat ini yang sudah selesai sebanyak 1.700 sertifikat.

“1.700 sertifikat sudah selesai, tinggal kami distribusikan langsung ke masyarakat melalui kelurahan dan kecamatan dalam beberapa hari ke depan. Sisanya masih akan kita kejar sampai akhir tahun ini. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu,” jelas dia. (lala/*)