Warga Cipayung Dapat Bantuan RTLH dari Pemkot Depok

0
189
Didampingi Camat Cipayung, Asep Rahmat (kiri dari arah pembaca), Wali Kota Depok, Mohammad Idris, secara simbolis menyerahkan bantuan dana sosial RTLH kepada warga.(Foto: depok.go.id)

CIPAYUNG-Sebanyak 136 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Cipayung, Kota Depok, mendapat bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Bantuan diberikan secara simbolis oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris, dengan menyerahkan buku rekening dana bantuan sosial (bansos) RTLH kepada warga di  aula kantor Kecamatan Cipayung, Kamis (5/12/2019).

Camat Cipayung, Asep Rahmat, mengungkapkan, jumlah RTLH di Kecamatan Cipayung sebanyak 136 rumah. “Jumlah itu tersebar di lima kelurahan,” katanya.

Ia merincikan, di Kelurahan Cipayung 15 unit, Kelurahan Cipayung Jaya 58 unit, Kelurahan Bojong Pondok Terong 22 unit, Kelurahan Pondok Jaya 21 unit, dan Kelurahan Ratu Jaya 20 unit.

“Dana sudah cair, hari ini diberikan secara simbolis kepada warga oleh wali kota. Alhamdulilah, tahun depan kecamatan cipayung sudah tidak ada lagi RTLH, karena warga Cipayung sudah bagus- bagus rumahnya, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga tahun  2020 cipayung bebas RTLH,” ujar Asep.

Senada dengan Asep. Wali Kota Depok, Mohammad Idris, juga menyatakan pada tahun 2025, Kota Depok dapat bebas dari RTLH.

“Setiap tahun kami programkan dana bantuan RTLH. Anggarannya, Rp20 juta per unit, dipotong Rp 2 juta untuk biaya konsultan dan pengawasan. Target kami pada 2025 sudah terbebas dari RTLH,” ujar Idris.

Menurut Idris, sejak 2018 pihaknya telah menyalurkan bantuan sosial RTLH sebanyak 4.454 unit rumah. Rinciannya, pada 2017 bantuan RTLH ke 492 unit rumah, pada 2018 bantuan RTLH sebanyak 1.389 unit rumah, dan pada 2019 bantuan RTLH sebanyak 2.580 unit rumah. “Mudah-mudahan dengan upaya ini RTLH di Kota Depok dapat terus diminimalisir,” harapnya.

Dia menyampaikan, pemberian bantuan RTLH disalurkan kepada masyarakat melalui rekening Bank Jabar Banten (BJB). “Ini juga merupakan bentuk komitmen kami. Dimana, pemerintah ingin mengentaskan keberadaan RTLH yang masih saja ditemui di beberapa wilayah,” terangnya.(ara/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here