Warga Boponter Panen Sayuran

Suasana penen sayuran Kelompok Tani di RW 10, Kelurahan Boponter. Tampak hadir Babai Suhaimi, anggota DPRD Fraksi PKB.(DEPOKTODAY/Heru Sasongko)

BOJONG PONDOK TERONG-Anggota DPRD Kota Depok dari Fraksi PKB, Babai Suhaimi, mengikuti kegiatan panen aneka sayur hasil tanaman Kelompok Tani RW10 Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Kecamatan Cipayung, Rabu (2//10/2019).

Babai memberikan apresiasinya kepada para ibu yang tergabung dalam Kelompok Tani RW10 karena dinilai sukses memanfaatkan lahan tidur yang ada di area pekarangan rumah.

“Lahan yang sebelumnya kosong bisa dimanfaatkan dengan ditanami aneka sayur, di antaranya bayam, kangkung, sawi hijau, dan pakcoy. Karya kelompok tani ini patut diacungi jempol. Mereka mampu mengubah lahan tidur menjadi memiliki nilai ekonomis,” ungkapnya.

Sayur yang ditanam di pekarangan tersebut, katanya lagi, setelah dipanen bisa dinikmati oleh para anggota kelompok tani, bahkan ada sebagian yang dijual dan menjadi pemasukan bagi kelompok.

“Adanya sayuran tersebut juga membuat warga rutin mengkonsumsi sayuran, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tanpa mengeluarkan biaya untuk membeli sayuran, mereka juga mengurangi biaya untuk belanja. Mereka bisa berhemat dan mengalokasikan penghasilannya untuk memenuhi kebutuhan lain,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, tanaman sayuran di pekarangan rumah juga membuat suasana lebih hijau dan segar. Dirinya berharap upaya pemanfaatan lahan tidur di area rumah ini dapat juga ditularkan ke wilayah lainnya. Upaya ini juga sejalan dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari sektor kesehatan dan daya beli.

“Sayuran yang diproduksi sendiri tentunya juga lebih terpercaya karena mereka mengetahui pupuk yang digunakan, lebih alami. Semakin banyak warga yang menerapkan hal ini akan semakin baik,” pungkasnya.(her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here