Wamen Sebut Depok Jadi Kota Paling Berpolusi di Indonesia, DKI Lewat

Jalan Raya Margonda, Depok (DepokToday.com)
Jalan Raya Margonda, Depok (DepokToday.com)

DepokToday- Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia dan Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, Surya Tjandra menyebut Depok adalah kota dengan tingkat polusi tertinggi di Indonesia, menggeser posisi DKI Jakarta.

“Depok ini punya masalah polusi tertinggi di indonesia, bahkan lebih parah dari DKI,” katanya usai melakukan kunjungan kerja di Kantor BPN Kota Depok pada Senin 1 November 2021.

Terkait hal itu, Surya pun ingin mendatangi Wali Kota Depok untuk menanyakan penjelasan dan solusi terkait persoalan tersebut.

“Gimana penjelasannya kita ingin diskusi dengan Pak Wali, barang kali memang perlu pendekatan tata ruang yang lebih rapih,” ujarnya.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Depok Hari Ini, Senin 1 November 2021

Kemudian, ia juga sempat menyinggung soal kemacetan di kota ini, utamanya di sejumlah pintu akses tol.

“Ini perlu koordinasi lintas kementerian karena sebagian macet di pintu tol katanya. Terus ada situ-situ yang harus kita jaga,” ujarnya.

“Lalu emisi ini bagaimana kita kelola agar lebih baik,” sambungnya.

Apa Peran UI untuk Depok

Selain itu, Surya juga akan mendatangi Universitas Indonesia (UI). Ia berharap ada peran nyata dari kampus terkemuka itu untuk mendukung pembangunan di Kota Depok.

“Di sini kan ada kampus nomor satu di Indonesia, UI. Abis ini saya mau tanya UI bisa bantu apa buat Depok? Jangan cuma berlokasi di Depok tapi kontribusi buat Depoknya apa? Kebetulan saya alumni UI,” tegasnya.

Baca Juga: Mantap! Kesenian Gong Si Bolong Jadi Warisan Budaya Indonesia

Ketika disinggung lebih jauh soal indikator yang menyebut polusi di kota ini tertinggi di Indonesia, sayangnya Surya belum memberikan penjelasan secara detail.

“Nggak jelas, justru kita ingin tahu apa penjelasannya, nanti solusinya jadi ketahuan, masalahnya dimana.”

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia dan Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, Surya Tjandra. (DepokToday.com)
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia dan Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, Surya Tjandra. (DepokToday.com)

Lebih lanjut ia berharap, komunikasi antara pemerintah daerah dan kementerian terkait bisa semakin intens.

“Jadi kita ingin menyelamatkan situ, jalur sungai, lain-lain dan ini yang kita cek.”

Baca Juga: Dibubarkan Kapolda, Tim Jaguar Malah Lakukan Ini, Auto Dibela Netizen

Ia menambahkan, sekarang ini masih dalam proses revisi tata ruang dan itu kesempatan untuk menata kota ini lebih baik lagi.

“Jadi nanti data BPN dikoordinasikan dgn tata ruang, datanya harus lebih lengkap dan kita siap dukung,” janjinya. (rul/*)