Wali Kota Depok Wajibkan Pengunjung Restoran Bawa Sertifikat Vaksin

Wali Kota Depok, Mohammad Idris singgun data vaksinasi. (foto: CNBC)
Wali Kota Depok, Mohammad Idris singgun data vaksinasi. (foto: CNBC)

DepokToday – Wali Kota Depok, Mohammad Idris telah menerbitkan aturan untuk pelaksanaan PPKM Level 4 yang berlangsung mulai tanggal 17 hingga 23 Agustus 2021 mendatang.

Ada sejumlah penyesuaian-penyesuaian dari aturan sebelumnya yang diberlakukan dalam perpanjangan kali ini. Salah satunya adalah aturan makan di restoran dan kafe bagi masyarakat umum.

Idris mengatakan, bagi masyarakat yang hendak makan di restoran atau kafe dihimbau untuk menunjukkan bukti telah mengikuti vaksinasi COVID-19 baik berupa sertifikat ataupun kartu.

“Restoran, rumah makan, kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung atau toko tertutup, diizinkan buka dengan setiap pengunjung menunjukkan sertifikat atau kartu vaksin,” kata Idris yang termuat dalam Surat Keputusan Wali Kota Depok nomor 443/345/Kpts/Satgas/Huk/2021 tentang Perpanjangan Keempat PPKM Level 4 COVID-19.

Baca Juga: Wali Kota Depok Targetkan Agustus Ini, Vaksinasi Capai 50 Persen Warga

Dalam beleid tersebut, Idris juga mengatakan, pengelola restoran dan kafe juga harus memaksimalkan jumlah pengunjung sebanyak 25 persen dari jumlah ruangan dan pada tiap-tiap meja makan berisi maksimal dua orang.

“Waktu makan maksimal 30 menit, dan beroperasi sampai dengan pukul 21.00,” katanya.

Sementara bagi restoran dan kafe dengan area pelayanan di ruang terbuka, Idris tidak menghimbau pengunjung membawa sertfikat atau kartu vaksin, namun aturan lainnya berlaku sama.

“Restoran, rumah makan dan kafe dengan area pelayanan di ruang terbuka, diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00,” kata Idris.

Apabila restoran, rumah makan dan kafe tersebut berada di dalam fasilitas olahraga, tidak diizinkan menerima makan di tempat (dine in).

Sebagai informasi, pada aturan sebelumnya Idris hanya membolehkan restoran dan kafe pada toko tertutup tidak dibolehkan makan ditempat, sementara bagi yang dengan area pelayanan terbuka diperbolehkan dengan kapasitas paling banyak 25 persen, satu meja paling banyak dua orang, dan waktu makan paling lama 20 menit. (ade/*)