Wali Kota Depok Mulai Longgarkan Jam Operasional dan Kapasitas Orang dalam Perpanjangan PPKM Level 3

Wali Kota Depok, Mohammad Idris singgun data vaksinasi. (foto: CNBC)
Wali Kota Depok, Mohammad Idris singgun data vaksinasi. (foto: CNBC)

DepokToday – Pemerintah Kota Depok memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2021.

Perpanjangan itu memperhatikan Instruksi Menteri Dalam Negeri No 38 tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Selaras dengan kebijakan Inmendagri tersebut, Pemkot Depok mengeluarkan Keputusan Wali Kota Depok Nomor 443/379/Kpts/Satgas/Huk/2021 tentang Perpanjangan PPKM Level 3 COVID-19.

Baca Juga: Idris Sebut Depok Kini Sudah Berada di PPKM Level 3, Pertanda Mulai Normal?

Dalam aturan tersebut, Wali Kota Depok Mohammad Idris melonggarkan jam operasional pada sektor perdagangan.

“Pusat perbelanjaan, mall, pusat perdagangan, supermarket, midi market, mini market, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai dengan pukul 21.00 dengan kapasitas pengunjung 50 persen,” tulis Idris dalam beleid tersebut.

Pada aturan sebelumnya, bidang usaha itu hanya boleh beroperasi hingga pukul 20.00.

Selanjutnya untuk Restoran dan kafe dengan area pelayanan ruang terbuka, warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan lain-lain yang sejenis juga diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00.

“Pasar rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari beroperasi dengan kapasitas paling banyak 50 persen dan jam operasional sampai pukul 17.00 dari sebelumnya hanya sampai pukul 15.00,” kata Idris.

Namun begitu, tambah Idris, bagi restoran dan kafe yang berjualan dalam toko tertutup pada lokasi tersendiri, tetap pada aturan sebelumnya yakni setiap pengunjung menunjukkan sertifikat/kartu vaksin, kapasitas satu meja maksimal 2 orang (25 persen), waktu makan 30 menit dan beroperasi hingga pukul 20.00.

Selain penyesuaian jam operasional, dalam perpanjangan PPKM Level 3 kali ini, Wali Kota Depok juga melonggarkan aturan terkait kapasitas utamanya pada sektor perdagangan diantaranya: Restoran dan kafe dengan area pelayanan ruang terbuka dan didalam pusat perbelanjaan, warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya dapat menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 50 persen yang sebelumnya hanya 25 persen. (ade/*)