Wali Kota Depok: Celana Cingkrang dan Cadar Adalah HAM

Wali Kota Depok, Mohammad Idris (DepokToday,Rul)

BALAIKOTA– Wali Kota Depok, Mohammad Idris berharap pemerintah pusat mengkaji ulang aturan yang mengatur soal larangan menggunakan celana cingkrang dan cadar. Sebab ia menilai, cara berpakaian adalah bagian dari Hak Asasi Manusia atau HAM.

“Dipertimbangkan lah, segala aturan yang memudahkan masyarakat. Itu (cadar dan celana cingkrang), adalah hak asasi seseorang yang seharusnya dilindungi oleh negara,” katanya, Selasa 5 November 2019

Menurut Idris, sebuah aturan harus dilihat dari segi manfaat dan sisi negatifnya. Dan apabila ada sesuatu yang dianggap membahayakan, sebaiknya dibuat semudah mungkin (fleksibel).

“Kita melihatnya apakah itu (aturan) efektif dan bermanfaat atau tidak. Kalau saya melihatnya itu aturan yang dibuat manusia bisa dipertimbangkan, kalau peraturan Tuhan sudah maslahatnya.”

Idris mengatakan, selama ini belum ada aturan yang tidak memperbolehkan Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan cadar maupun celana cingkrang. Namun, yang terpenting adalah kerapihan dalam mengenakan seragam selama bertugas.

“Yang penting rapih dan menyesuaikan warna seragam sesuai aturan dari pemerintah pusat, dan tidak ada pembatasan sampai termasuk jilbab juga enggak ada larangannya,” ujar dia

Idris menilai, cara berpakaian adalah hak seseorang asalkan tidak menganggu orang lain. Ia mencontohkan, seorang wanita yang memilih menggunakan celana pendek (kolor). Itu adalah, hak asasi namun ketika dikenakan keluar rumah tentu menggangu masyarakat karena mengundang birahi.

“Begitu juga dengan masalah cadar, itu hak asasi. Namun apakah menganggu? Misalkan saat pemeriksaan identitas, tentu harus dibuka,” tuturnya

Namun demikian, Idris menegaskan, pihaknya akan mengikuti setiap arahan dari pusat. Ketika, aturan tersebut keluar maka pihaknya akan berusaha mengikuti.

“Tentu kita ikuti, arahan normatifnya nanti seperti apa. Kalau di Depok, ada yang bercadar itu sesekali kalau mereka menutupi wajah dari debu. Sedangkan celana cingkrang itu penting, terutama saat musim hujan lebih aman.” (rul/*)