Wali Kota Depok Bolehkan Olahraga Saat PPKM Level 4, Ini Syaratnya

Wali Kota Depok, Mohammad Idris (lima dari kiri), ketika menghadiri kegiatan olahraga tenis meja.(DepokToday/Eru)

DepokToday – Pemerintah Kota Depok kini telah membolehkan masyarakat melakukan aktivitas olahraga ditengah pelaksanaan PPKM Level 4 yang berlangsung mulai tanggal 17 hingga 23 Agustus 2021 mendatang.

Aturan yang baru itu tertuang dalam Surat Keputusan Wali Kota Depok nomor 443/345/Kpts/Satgas/Huk/2021 tentang Perpanjangan Keempat PPKM Level 4 COVID-19.

Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam beleid tersebut mengatakan, kegiatan yang dibolehkan yaitu olahraga pada ruang terbuka atau outdoor dan tidak melibatkan kontak fisik.

“Olahraga dilakukan pada ruang terbuka baik secara individu atau kelompok kecil maksimal empat orang, tidak melibatkan kontak fisik dengan orang lain,” kata Idris.

Idris mengatakan, selama melakukan aktivitas kebugaran tersebut, masker harus digunakan, kecuali untuk aktivitas yang harus melepas masker, seperti renang. “Untuk aktivitas yang harus melepas masker, maka masker hanya dapat dilepas ketika pelaksanaan aktivitas,” katanya.

Baca Juga: Sedang Asik Senam, Para Ibu-Ibu Ini Bubar Didatangi Satpol PP

Idris melanjutkan, aturan di dalam penggunaan fasilitas olahraga juga harus diperhatikan mulai dari skrining pengunjung menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, pengecekan suhu kepada setiap orang yang masuk, fasilitas penunjang seperti loker dan tempat mandi tidak diizinkan digunakan kecuali untuk akses toilet, dan restoran/rumah makan serta kafe di dalam fasilitas olahraga tidak diizinkan menerima makan di tempat (dine in).

“Pengguna fasilitas olahraga tidak diizinkan berkumpul sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas dan harus tetap menjaga jarak” kata Idris.

Idris mengatakan bagi yang melakukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan akan dikenakan sanksi berupa penutupan sementara.

Sementara itu, lanjut Idris, pihaknya belum membolehkan kegiatan kebugaran di dalam ruang tertutup. “Untuk kegiatan olahraga pada ruangan tertutup, yang dilakukan secara berkelompok, dan pertandingan ditutup sementara,” pungkasnya.

Pada aturan sebelumnya Idris menggolongkan kegiatan olahraga dalam aktivitas seni budaya, komunitas dan sosial kemasyarakatan yang tidak boleh dilaksanakan selama PPKM Level 4. (ade/*)