Wali Kota Depok Anjurkan Potong Hewan Kurban di RPH-R

Mall Hewan Kurban Haji Doni. (DepokToday.com)
Mall Hewan Kurban Haji Doni. (DepokToday.com)

DEPOK – Pemerintah Kota Depok melarang pelaksanaan pemotongan hewan kurban secara mandiri pada hari raya Idul Adha hari pertama yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021.

Wali Kota Depok Mohammad Idris hanya mengizinkan pemotongan hewan kurban pada hari H Idul Adha, dilaksanakan di Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R).

Kebijakan ini dituangkan oleh Idris dalam Surat Edaran Wali Kota Depok nomor 443/371-Huk/DKP3 tentang Perubahan Atas SE Wali Kota Depok Nomor 443/314-HUK/DKP3 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban Dalam Situasi Wabah Bencana Non Alam COVID-19 di Kota Depok.

Baca Juga: Idul Adha di Tengah PPKM Darurat, Begini Aturannya di Depok

Dalam perubahan itu, Idris menghapus pelaskanaan pemotongan hewan kurban diluar RPH-R bisa dilaksanakan pada hari H, kini hanya boleh dilaksanakan setelah hari H.

“Persetujuan Tempat Pemotongan Hewan Kurban dikeluarkan oleh Camat yang berlaku pada hari Tasyrik (H+1, H+2, dan H+3) atau tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah 1442 H, berdasarkan rekomendasi dari Lurah setempat, yang dikuatkan dengan surat pernyataan tanggung jawab penuh dari ketua panitia,” tulis Idris dalam edarannya, Rabu 14 Juli 2021.

Sementara itu, untuk pelaksanaan pemotongan di RPH-R bisa dilaksanakan selama empat hari mulai hari H Idul Adha hingga tiga hari selanjutnya.

“Pemotongan hewan kurban di RPH-R dilakukan pada Hari H Idul Adha, dan Hari Tasyrik (H+1, H+2, dan H+3) atau tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah 1442 H,” lanjut Idris.

Lebih lanjut Idris mengatakan, pelaksanaan pemotongan baik dilakukan di RPH-R maupun diluar, harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (ade/*)