Wales, Swiss, dan Turki Berebut Temani Italia ke 16 Besar

Gareth Bale (kanan), kapten tim Wales.(Foto: Twitter Wales)
Gareth Bale (kanan), kapten tim Wales.(Foto: Twitter Wales)

ROMA—Pertandingan Grup A menjadi yang pertama menuntaskan babak penyisihan Piala Eropa 2020 ketika tuan rumah Italia menjamu Wales di Olimpico Roma, malam ini WIB.

Apapun hasil pertandingan melawan Wales sudah tidak berpengaruh bagi Italia, yang telah dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Meski sudah mendapat tiket ke 16 besar, Italia juga enggan kalah. Gli Azzurri—julukan Italia—tetap berambisi menyapu kemenangan.

11 Pemain Italia foto berasama sebelum bertanding melawan Turki.(Foto: Twitter @azzurri)
11 Pemain Italia foto berasama sebelum bertanding melawan Turki.(Foto: Twitter @azzurri)

“Kami harus mencoba memberikan 100% di setiap pertandingan. Ada ujian penting lain yang akan datang [melawan Wales] dan kami akan bertujuan untuk memenangkannya juga,” jelas Penyerang Italia, Domenico Berardi.

DIBACA JUGA: Italia Tim Pertama yang lolos ke 16 Besar Piala Eropa 2020

Sementara Wales hanya membutuhkan hasil seri melawan Italia jika ingin menemani sang tuan rumah ke fase gugur.

Bila menang atas Italia, Wales akan tampil sebagai juara Grup A. Kalau pun kalah, nasib Wales ditentukan dengan hasil pertandingan antara Swiss vs Turki.

DIBACA JUGA: Wales Bikin Turki Kalah Dua Kali Secara Berturut-turut

Pelatih Wales, Robert Page, siap memberikan perlawanan untuk Italia dengan memilih formasi tim yang solid.

Skuat Wales.(Foto: Twitter)
Skuat Wales.(Foto: Twitter)

“Jika empat poin cukup bagus untuk dilalui maka brilian. Kami akan memilih tim dan formasi untuk melawan Italia dan bersaing, dan meraih kemenangan. Kami ingin memenangkan setiap pertandingan yang kami mainkan, dan itu tidak berbeda pada hari Minggu ini,” ungkap Page disitat EURO2020.com.

Swiss vs Turki

Hanya ada dua opsi untuk Swiss dan Turki, menang atau gagal. Swiss, yang bermain imbang dengan Wales kemudian kalah dari Italia, masih bisa finis kedua dengan selisih gol jika mereka menang dan Wales kalah dari Italia di Roma.

Meskipun Swiss menang dan Wales juga menang atau imbang melawan Italia, setidaknya tetap bersaing untuk menjadi tim peringkat ketiga terbaik.

“Yang paling penting, menang. Dengan tiga poin kami memiliki peluang realistis untuk maju. Kami bermain di depan 30.000 orang Fans Turki tapi kami akan mencoba mengubahnya menjadi positif. Ini sangat penting, pertandingan yang menentukan. Tidak ada peluang kedua atau ketiga,” tegas Pelatih Swiss, Vladimir Petkovi.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

Di lain pihak, setelah menelan dua kekalahan, Turki membutuhkan kemenangan untuk mengakhiri di tempat ketiga dan mungkin perlu meningkatkan selisih gol mereka.

“Ini adalah tim muda. Mereka belum pernah mengalami turnamen seperti ini sebelumnya. Saya tahu ekspektasinya tinggi, tapi tim ini menciptakan ekspektasi tersebut dengan penampilan bagus mereka,” ucap Senol Gunes selaku pelatih Turki.

(tdr/*)