Wales Bikin Turki Kalah Dua Kali Secara Berturut-turut

Para pemain, pelatih, dan ofisial tim Wales menyambangi suporter mereka yang hadir di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan.(Foto: Twitter Euro2020)
Para pemain, pelatih, dan ofisial tim Wales menyambangi suporter mereka yang hadir di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan.(Foto: Twitter Euro2020)

BAKU—Setelah selamat dari kekalahan di laga pembuka, Wales akhirnya memperoleh kemenangan di pertandingan kedua Grup A Piala Eropa 2020.

Poin penuh yang diraih Gareth Bale dkk setelah mengalahkan Turki 2-0 di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan, Rabu 16 Juni 2021 malam WIB.

Dua gol kemenangan Wales disumbang oleh Aaron Ramsey menit ke-42 dan Connor Roberts di menit 90+5. Dua gol tersebut hasil dari umpan sang kapten, Gareth Bale.

Gareth Bale gagal mencetak gol dari titik penalti.(Foto: Twitter Euro2020)
Gareth Bale gagal mencetak gol dari titik penalti.(Foto: Twitter Euro2020)

Wales sebenarnya bisa menambah gol ketika kedudukan 1-0. Namun eksekusi penalti Bale melambung jauh di atas mistar Turki. Peluang emas ini didapat Wales di menit 61.

Meski gagal mencetak gol dari titik penalti, Bale membawa pulang penghargaan “Star of the Match”.

Dari dua kali bertanding, ini adalah kemenangan pertama Wales di pertandingan Grup A. Di laga sebelumnya, Wales hanya bermain imbang 1-1 dengan Swiss. DIBACA JUGA: Gol Kieffer Moore Selamatkan Wales dari Kekalahan

Tambahan tiga angka untuk Wales menambah perolehan poin mereka, dari satu kini menjadi empat poin. Posisi Wales di klasemen Grup A pun berada di posisi pertama, menggeser Italia, untuk beberapa jam ke depan.

Italia yang sementara waktu turun ke posisi kedua, bisa kembali memimpin Grup A asalkan memetik kemenangan atas Swiss, atau paling tidak bermain imbang.

Hingga berita ini ditayangkan, pertandingan antara Italia melawan Swiss di Stadion Olimpico, Roma, Italia, belum dimulai. DIBACA JUGA: Italia Bidik Kemenangan Kedua Lawan Swiss di Olimpico

Peluang Tipis

Sementara itu, kekalahan 0-3 dari Wales yang dialami Turki menjadi hasil buruk kedua mereka di pertandingan Grup A Piala Eropa 2020.

Kekalahan dengan tanpa mencetak gol juga dirasakan Turki ketika melawan Italia pada laga pembukaan Piala Eropa 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Sabtu 12 Juni 2021 malam WIB.

DIBACA JUGA: Reaksi Pelatih dan Pemain Italia Usai Mengalahkan Turki 3-0

Dengan dua kekalahan beruntun itu, secara matematis kesempatan Turki lolos ke babak gugur Piala Eropa edisi ke-16 ini sangat tipis.

Meskipun ada kesempatan untuk lolos dari jalur empat runner-up terbaik, dengan belum mencetak satu gol pun, mempersulit langkah Turki menyegel tiket dari jalur itu.

Apalagi jika Swiss mampu bermain imbang dengan Italia, terlebih lagi mengalahkan Italia. Maka harapan Turki untuk lolos ke babak 16 besar sudah tak ada lagi.

(tdr/*)