Wajib Dicoba, 6 Minuman Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kolesterol tinggi. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh menjadi hal yang paling dihindari oleh banyak orang. Selain dengan mengatur pola hidup yang baik, seperti berolahraga yang rutin, asupan ke dalam tubuh juga penting untuk dijaga.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya serat dan mengurangi lemak jenuh. Sejumlah minuman ini bisa dicoba untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

Apa saja minuman tersebut, berikut ini daftarnya dikutip dari Kompas.com:

1.Teh hijau
Teh hijau adalah sumber antioksidan terbaik karena kandungan katekin dan epigallocatechin gallate di dalamnya. Teh hitam juga memiliki katekin, namun lebih rendah dibanding teh hijau.

2.Jus tomat
Tomat memiliki kadar likopen, antioksidan yang membantu melindungi kerusakan sel yang tergolong baik. Menariknya, pengolahan tomat dapat membantu meningkatkan kandungan likopen di dalamnya. Lalu, tomat juga mengandung niacin dan serat penurun kolesterol.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi jus tomat sebanyak 280ml per hari selama dua bulan dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

3.Susu kedelai
Susu kedelai memiliki kadar lemak jenuh yang rendah. Artinya, membuat susu kedelai sebagai pengganti krimmer dan susu tinggi lemak dapat mengontrol kadar kolesterol.

Food and Drug Association (FDA) juga merekomendasikan agar kita melakukan diet rendah lemak jenuh dengan mengonsumsi 25 gram protein kedelai setiap harinya.

Baca Juga: Siapkan PTM, Pemkot Gelar Gebyar Vaksinasi Pelajar, Berikut Jadwalnya

4.Minuman oat
Susu oat sangat efisien dalam menurunkan kadar kolesterol karena mengandung zat yang disebut beta-glukan. Zat ini berinteraksi dengan garam empedu dan menciptakan lapisan mirip gel di usus yang akan membantu mengurangi penyerapan kolesterol.

Di dalam satu cangkir susu oat, ada 1,3 gram beta glukan. Jadi, pastikan untuk selalu memeriksa label beta-glukan pada karton minuman oat.

5.Berry smoothies
Buah beri kaya akan antioksidan yang dapat membuat kolesterol tetap terjaga. Banyak buah beri seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry sarat dengan antioksidan dan serat.

Jadi, meminum campuran segenggam buah beri dengan susu rendah lemak sebagai shake setiap harinya dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

6.Minuman coklat
Kakao mengandung antioksidan yang disebut flavanol, yang membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Kakao juga merupakan bahan utama dark chocolate yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal tingkat tinggi dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

Untuk mengurangi kadar kolesterol, disarankan untuk mengonsumsi sekitar 450mg kakao setiap dua kali sehari. Namun, cokelat olahan harus dihindari karena mengandung lemak jenuh tingkat tinggi. (lala/*)