Waduh, 33 Ekor Ular Kobra Ditemukan di Perumahan Citayam

Temuan anak ular kobra (DepokToday, Riz)

BOJONGGEDE– Warga Perumahan Royal Citayam Residence, Kampung Duren Baru, Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akhir-akhir ini diresahkan dengan kemunculan ular kobra di lingkungan tersebut. Tak tanggung-tanggung, data kepolisian mencatat, sedikitnya ada 33 ular kobra yang telah berhasil diamankan sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Polsek Bojonggede, Komisaris Polisi Supriyadi mengungkapkan, puluhan ekor ular kobra yang ditemukan itu usianya masih anak-anak, namun tetap berbahaya karena ular jenis ini dikenal memiliki bisa yang cukup mematikan.

“Ini sudah sejak se-Mingguan muncul terus. Sudah diamin eh ada lagi, ada lagi,” katanya, Selasa 10 Desember 2019

Supriyadi memastikan, tidak ada korban jiwa dalam persitiwa ini. Namun begitu, ia tetap mengimbau warga untuk tetap waspada dan segera menghubungi pihak terkait jika menemukan adanya keberadaan ular tersebut.

“Karena disana banyak semak-semak, kami mengimbau warga untuk turut aktif menjaga dan membersihkan lingkungan dengan cara gotong royong,” katanya

Kemudian untuk menangkal atau menghalau keberadaan hewan yang telah memiliki bisa sejak kecil ini ialah dengan menabur kapur barus, kamper dan wewangian. “Ular itu biasanya senang di tempat lembab, dan biasanya mereka itu menyasar mangsa melalui indra penciuman. Biasanya dia negejar tikus, karena itu kami sarankan jaga lingkungan agar tetap bersih.”

Selain itu, Supriyadi menambahkan, pihaknya akan aktif melakukan pengawasan di sekitar lokasi kejadian.

“Tiap hari ada anggota kami yang patroli turun langsung untuk ikut mencari ular-ular ini. Kemungkinan ini ada induknya, dan ini yang kami cari bersama petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran,” ujarnya

Rata-rata anak ular kobra yang ditemukan sepanjang sekira 20 hingga 30 cm. Sejumlah warga mengaku khawatir dengan kemunculan ular berbahaya ini. Terlebih, beberapa diantaranya sempat ditemukan berada di dalam rumah dan ada yang sudah di bawah kasur. Hingga kini petugas dibantu warga masih berusaha mencari ular jenis kobra Jawa tersebut. (riz/rul)