Virus Marburg Dikatakan WHO Jadi Ancaman Baru, Kemenkes Lakukan Ini

Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)
Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)

DepokToday – Belum usai virus COVID-19 menyebar di seantero dunia, Kini, organisasi kesehatan dunia WHO memperingatkan potensi virus Marburg yang dianggap juga brrbahaya. Sebab, virus ini termasuk dalam kategori penyakit sangat menular.

Dilansir dari Suara .com, peringatan dilakukan usai seorang lelaki di Guinea, Afrika Barat meninggal dunia. Dia terkonfirmasi virus tersebut. Temuan ini juga menandai pertama kalinya virus Marburg terdeteksi di Guinea.

“Kami mengapresiasi kewaspadaan dan tindakan investigasi cepat oleh petugas kesehatan Guinea,” ujar Matshidiso Moeti, Direktur Regional WHO di Afrika.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, sempat ditanyakan lebih lanjut tentang virus yang dimaksud.
Nadia belum memastikan terkait keberadaan virus marburg tadi. Tapi, dia mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan akan terus memantau perkembangannya.

Baca Juga: Keren, Begini Cara Napi Rutan Depok Peringati Hari Lahir Pramuka

“ini terus kita monitor perkembangannyaa ya, dan ini sifatnyaa zoonotik dan menular melalui kontak langsung dengan darah atau cairan, mungkin akan lebih mudah dikendalikan dibandingkan penyakit influenza,” kata Nadia.

Seperti diberitakan sebelumnya, WHO akhirnya bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat untuk merespon dengan cepat, berdasarkan pengalaman ahli saat menangani wabah Ebola, yang penularannya dengan cara yang sama.

Sebanyak 155 orang diidentifikasi sudah melakukan kontak dekat lelaki yang meninggal dunia itu. Selanjutnya orang-orang ini akan diobservasi selama tiga minggu lamanya.

“Ini adalah pengawasan dan pelacakan aktif. Orang yang melakukan kontak di rumah, diisolasi dan dipisahkan dengan anggota keluarga lainnya. Mereka kemudian diperiksa setiap harinya untuk melihat gejala yang berpotensi bahaya,” ungkap Kepala WHO di Guinea, Georges Ki Zerbo. (lala/*)