Viral, ODGJ Sempatkan Salat di Trotoar, Warganet Tertampar

Gambar ODGJ yang menunaikan Salat. (Foto: Istimewa)
Gambar ODGJ yang menunaikan Salat. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Beribadah tidak hanya dilakukan oleh mereka yang sehat secara batin saja. ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) bisa melakukannya, bahkan mampu memberikan tamparan bagi mereka yang masih sehat.

Nah, baru-baru ini seorang ODGJ menjadi perhatian warganet. Pria itu terlihat menuaikan ibadah salat di trotoar.

Peristiwa yang terjadi di Palembang itu dibagikan oleh akun TikTok @splashwopalembang. Hingga berita ini dipublikasikan, video sedikitnya telah disaksikan 440 ribu kali dan mendapatkan 28 ribu tanda suka.

“Semoga Allah memulihkan keadaannya. Amin. #ODGJ #viral #palembang #fyp,” tulis akun ini sebagai keterangan TikTok.

Video itu direkam oleh seorang wanita yang mengendarai mobil. Wanita itu tampak sedang memarkirkan mobilnya di pinggir jalan. Di sinilah, ia melihat pemandangan yang menggetarkan hati.

Sang wanita melihat seorang pria ODGJ sedang salat di bawah terik Matahari. Pria ODGJ itu juga melepas baju satu-satunya yang membalut tubuhnya.

Baju berwarna merah kusam itu kemudian ditaruh di atas trotoar. Ternyata, pria ODGJ itu menjadikan baju satu-satunya sebagai sajadah untuk beribadah.

Pria itu menuaikan ibadah salat seorang diri dengan khidmat. Ia melipatkan tangan, menatap ke atas, sampai menyilangkan kakinya sambil mengadahkan tangan ke atas.

Wanita yang merekam dari mobilnya pun ikut tertampar melihat pemandangan mengharukan itu. Ia merasa kagum dengan pria ODGJ itu yang tetap tidak melupakan Tuhan di tengah kondisinya.

Bahkan, pria itu juga masih mengingat gerakan untuk salat. Wanita ini kemudian membandingkan kondisi ODGJ itu dengan banyak orang yang lebih sehat, namun kerap lupa beribadah.

“Ketika lihat ODGJ masih ingat gerakan salat, yang waras justru pura-pura lupa,” tulis wanita ini sebagai keterangan video TikTok.

Pria ODGJ itu sendiri kemudian pergi setelah salat. Ia membawa baju yang ditaruh di tanah, lalu mengikatnya di pinggang sambil berjalan menjauh.

Terlihat, pria itu berjalan dengan cukup kebingungan. Ia sesekali menengok ke belakang dan bahkan sampai berposes menantang.

Momen yang viral itu langsung mendapatkan beragam reaksi warganet. Mereka menuliskan beragam komentar dukungan sampai doa terhadap pria ODGJ tersebut, tidak sedikit juga warganet yang merasa tertampar karena peristiwa ini.

Baca Juga: Dapat Jabatan Baru di BRIN, Dulu Gaji Megawati Rp 112 Juta, Sekarang?

“Dia lupa siapa jati dirinya tapi tak lupa siapa yang menciptakan dirinya,” komentar warganet.

“Semoga Allah memberikan akal sehatnya kembali,” doa warganet.

“Allah mengirimkan dia untuk kita yang punya akal sehat dan waras, dia mengingatkan kapan kita bersujud kepada Allah,” tulis warganet dengan emoji tangisan.

“Itulah kekuasaan yang kuasa. Semoga disembuhkan sakitnya sama yang Maha Kuasa. Amin,” tambah yang lain.

“Semua ini atas kehendaknya. Hanya Allah yang tahu rencana apa yang akan datang untuk dirinya,” ungkap warganet.

“Cambuk bagi yang tidak mengenal salat,” pesan warganet.

“Semoga ada orang baik yang mau membantunya agar pikirannya sehat kembali,” harap warganet. (lala/*)