Vaksinasi Warga Depok Capai 30 Persen, Pemkot Atur Cara Capai Target

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana (Istimewa)

DepokToday – Program vaksinasi COVID-19 terus digencarkan oleh pemerintah. Berbagai upaya ini dilakukan untuk mewujudkan kekebalan komunal, salah satunya juga yang dilakukan pemerintah Kota Depok. Mulai dari membentuk program vaksinasi terpusat, hingga melakukan jemput bola warga Depok yang ingin divaksin.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana menyampaikan, berbagai cara dilakukan untun mencapai target vaksinasi. Saat ini, vaksinasi di Kota Depok tidak hanya dilakukan di setiap fasilitas kesehatan tapi juga di sejumlah lokasi lainnya.

“Kita juga melakukan beragam kegiatan semisal vaksinasi, vaksinasi itu tidak hanya di faskes, juga dilakukan TNI-Polri. Kami juga lakukan vaksinasi jemput langsung disuport oleh RSUI, di support Bluebird dan disuport juga Wing, jadi mereka (warga) dijemput setiap hari dari kelurahan,” papar Dadang pada Kamis 26 Agustus 2021.

Untuk saat ini, dari targetan 1,6 juta warga Depok yang menerima vaksin, sudah 30 persen warga telah menerimanya di Kota Depok.

Baca Juga: Sempat Bikin Heboh Se-Indonesia, Ini Kelanjutan Kasus Babi Ngepet Depok

“Disesuaikan dengan alokasi yang diberikan oleh kementrian kesehatan (targetan vaksinasi). Kami target akan mensinkronkan ketersediaan vaksin dari pemerintah pusat. Capaian per hari kemarin untuk vaksinasi sudah mencapai 30 persen dari sasaran 1,6 juta warga Depok,” jelas dia yang juga Kepala Dishub Kota Depok ini.

Program vaksinasi ini semakin digencarkan pemerintah Kota Depok sebagai upaya untuk mewujudkan percepatan herd immunity di kota tersebut.

Sebagai informasi, saat ini Depok dalam kondisi zona orange penyebaran COVID-19, dimana pemerintah kota melaksanakan aturan PPKM level 3 atau turun dari sebelumnya. Meski begitu, Dadang berharap warga Depok tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Jadi kunci lima m terutama masker jadi lifestyle, kebutuhan setiap pribadi, keluar gunakan dua lapis masker, dan taati 4 m lainnya. Kedua segera akses vaksinasi, yang ketiga ikuti arahan protokol yang telah ditetapkan dan juga tetap meningkatan keimanan kita,” imbau Dadang. (lala/*)