Vaksinasi untuk Ojol dan Angkutan Umum, Panitia Targetkan Ratusan Pengemudi

Panitia vaksinasi melakukan pendataan pada kegiatan vaksinasi khusus ojol, (Istimewa)
Panitia vaksinasi melakukan pendataan pada kegiatan vaksinasi khusus ojol, (Istimewa)

DEPOK – Ratusan pengendara ojek online atau ojol serta angkutan umum mendapat kesempatan menerima vaksin secara drive thru di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI.

Direktur Utama RSUI Astuti Giantini mengatakan, vaksinasi bagi ojol dan pengemudi angkutan merupakan kerja sama Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit.

Kegiatan ini digagas RSUI dan XL Axiata dengan Dinas Kesehatan Kota Depok.

Kegiatan juga didukung sejumlah mitra ojek daring, dan sejumlah angkutan umum di wilayah Kota Depok.

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi berlangsung mulai tanggal 2-3 Juni 2021 atau Rabu dan Kamis pada pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Selama dua hari, ditargetkan ada sekitar 640 pengendara ojek daring dan 100 pengemudi angkutan umum yang akan divaksin di RSUI.

“Para pengemudi dibagi dalam beberapa kelompok agar tidak terjadi penumpukan antrian dan tetap dalam koridor jarak sosial yang aman,” terang Astuti.

Peserta Dicek Kesehatan Dahulu

Setiap peserta melalui pengecekan kesehatan untuk memastikan mitra ojek daring yang akan divaksin dalam kondisi sehat dan siap menerima vaksin.

Usai vaksin diberikan, para peserta juga diminta menunggu 30 menit untuk mengecek dampak dari vaksin.

Panitia vaksinasi melakukan pendataan pada kegiatan vaksinasi khusus ojol, (Istimewa)
Panitia vaksinasi melakukan pendataan pada kegiatan vaksinasi khusus ojol, (Istimewa)

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, vaksinasi ditujukan kepada pelaku transportasi umum.

Termasuk angkutan online karena mereka merupakan garda terdepan untuk melayani kebutuhan masyarakat.

“Khususnya layanan logistik dan transportasi. Mereka termasuk kelompok berisiko untuk ditularkan dan menularkan sehingga mereka harus kita tingkatkan imunitasnya,” terang dia.

Meski begitu, dirinya tetap mengingatkan setelah vaksinasi dilakukan, para mitra pengemudi online juga harus patuh dengan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M.

Menambahkan, Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata Marwan O Baasir mengatakan, pihaknya menyambut baik dilakukannya vaksinasi kalangan pekerja di sektor transportasi umum.

“Termasuk pengemudi ojek online, yang selama ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas,” ucap dia.

Selain akan mengurangi penularan COVID-19, vaksinasi kepada mereka juga ikut mendorong optimisme pemulihan ekonomi masyarakat.(lala/*)