Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Dilakukan Setelah Targetan Ini Tercapai

Ilustrasi vaksinasi anak. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi vaksinasi anak. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Meski sejumlah negara mulai melakukan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun, namun hingga kini pemerintah belum memastikan kapan pelaksanaan kegiatan vaksinasi kepada anak itu dilangsungkan.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan, pemberian vaksin COVID-19 pada anak usia 6 – 11 tahun akan dilakukan setelah cakupan vaksinasi nasional tercapai.

Sebagaimana yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) bahwa vaksin anak usia 6-11 tahun akan diberikan setelah cakupan dosis pertama nasional melebihi 70 persen dari total sasaran target vaksinasi dan lebih dari 60 persen populasi lansia.

Baca Juga: Tanggapi Pernyataan Wamen ATR Tentang Polusi Udara di Depok, Pengamat UI: Ini Permasalahan Lingkungan yang Sebenarnya

“Vaksinasi ini dimulai dari kabupaten/kota yang telah memenuhi target tersebut. Kemudian pemerintah berusaha mencapai target ini di akhir tahun 2021,” kata Wiku dikutip dari situs covid-19.go.id.

Baca Juga: Maharaja 48, Band Asal Depok yang Siap Getarkan Jalur Gaza Palestina

Pemerintah menargetkan vaksinasi pada anak menyentuh angka sekitar 26,4 juta orang sesuai dengan kebutuhan dua dosis per orang. Vaksinasi pada target akan menjadi wajib dalam rangka melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Baca Juga: Gegara Tiru ‘Salam dari Binjai’ Pohon Pisang Sekebun Rusak, Petani Gagal Panen

“Mengingat kegiatan aktivitas sosial masyarakat termasuk di sektor pendidikan secara bertahap kembali berjalan normal,” pungkas Wiku. (lala/*)