Usut Kecurangan Tes CPNS, BKN Janji Tidak Ada Ampun

Ilustrasi seleksi CPNS (Foto: Istimewa)
Ilustrasi seleksi CPNS (Foto: Istimewa)

DepokToday- Badan Kepegawaian Negara (BKN) tidak akan mentolerir para peserta yang terbukti melakukan kecurangan dalam mengikuti seleksi tes CPNS dan PPPK nonguru.

Terkait hal itu, BKN bersama panitia seleksi nasional sepakat akan menjatuhkan sanksi diskualifikasi bagi mereka yang kedapatan melakukan kecurangan.

“Enggak ada tawar menawar. Meskipun hasil tesnya tinggi, peserta tes CPNS dan PPPK nonguru yang curang langsung didiskualifikasi,” kata Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengutip JPNN.com pada Selasa 26 Oktober 2021.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Depok Hari Ini, Selasa 26 Oktober 2021

Pernyataan itu menanggapi adanya dugaan kecurangan dalam seleksi CASN 2021 di titik lokasi (Tilok) mandiri instansi Pemkab Buol, Sulawesi Tengah.

Dari hasil penyelidikan BKN bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ditemukan adanya indikasi kecurangan pada pelaksanaan SKD CASN di Tilok mandiri instansi Pemkab Buol yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Kulit Ikan, Salah Satunya untuk Kesehatan Kulit

Adapun modusnya ialah merusak sistem seleksi CASN nasional dengan remote access.

“Bagi oknum yang terlibat akan diproses sesuai hukum dan perundang-undangan berlaku,” katanya.

Tes CPNS Berlanjut

Lebih lanjut Satya memastikan, proses penyelesaian upaya indikasi kecurangan ini tidak akan menghambat tahapan seleksi berikutnya.

BKN bersama panitia seleksi nasional tetap fokus pada persiapan jelang Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sesuai Surat Kepala BKN 13515/B-KS.04.01/SD/K/2021 tanggal 19 Oktober 2021 tentang Jadwal Lanjutan Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK non-Guru tahun 2021.

Baca Juga: dr. Zaidul Akbar Sarankan Minum Jahe Pandan, Sederet Penyakit Ini Rontok

Satya menambahkan, untuk mengantisipasi upaya indikasi kecurangan serupa dalam seleksi, BKN melalui tim tanggap insiden siber BKN (BKN-CSIRT), dan kementerian/lembaga anggota Panselnas CASN 2021 secara berkesinambungan melaksanakan pengawasan ketat terhadap seluruh Tilok ujian. Khususnya Tilok mandiri instansi. (rul/*)