Usai Serang dan Bunuh Prajurit TNI, OPM Ancam Pemda, Ini Tuntutannya

Pasukan TPNPB-OPM. Foto Facebook TPNPB-OPM
Pasukan TPNPB-OPM. Foto Facebook TPNPB-OPM

DepokToday- OPM klaim bertanggungjawab atas penyerangan dan penembakan yang menewaskan satu prajurit TNI di Yahukimo, Papua. Terkait hal itu, mereka juga memberikan peringatan keras pada pemerintah daerah (Pemda) di wilayah tersebut.

Melansir Suara.com, OPM mendesak agar Pemerintah Kabupaten Yahukimo tidak memberikan izin pembangunan Mako Brimob dan Koramil.

“Pemerintah daerah Kabupaten Yahukimo dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati, dan SKDA berhenti memberikan ijin pembangunan Mako Brimob di Yahukimo serta Koramil di Suruh-Suruh,” kata juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom dikutip pada Senin 22 November 2021.

Baca Juga: Bisa Obati Pecandu Narkoba, Ini Manfaat Mandi Hujan untuk Kesehatan

Ia menyebut, kontak senjata itu yang menewaskan prajurit TNI itu terjadi sekira pukul 08:00 WIT pada Sabtu 20 November 2021.

“Penembakan terhadap dua anggota kelompok teroris bersenjata yaitu TNI/Polri itu benar dan pasukan saya yang tembak,” katanya.

Menurut mereka, Yahukimo merupakan wilayah perang pembebasan nasional bangsa Papua untuk merebut kemerdekaan.

Atas hal itulah, kelompok tersebut pun mendesak warga non Papua untuk angkat kaki dari kawasan tersebut.

“Yahukimo termasuk dalam perhitungan 34 KOMNAS TPNPB-OPM, maka perang jelas tidak akan berhenti,” tegasnya.

Prajurit TNI Tewas Ditembak OPM

OPM atau yang dicap pemerintah sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan serangan. Kali ini sasarannya adalah Markas Koramil Suru-suru, Kabupaten Yahukimo.

Satu prajurit TNI dilaporkan tewas akibat aksi brutal tersebut pada Sabtu, 20 November 2021.

Kabar tewasnya seorang prajurit TNI akibat serangan KKB juga ramai jadi sorotan media sosial. Salah satunya adalah akun Instagram @karyamilitan pada Minggu 21 November 2021.

“Turut berbela sungkawa atas gugurnya saudara kita dalam mengemban tugas, Sertu Ari Baskoro putra dari Bapak Hendro Subroto dukuh Legoksari RT 01/02 desa Pidodokulon, semoga amal ibadah beliau diterima disisiNya. Engkau adalah pahlawan,” sebut akun tersebut. (rul/*)