Untung Gagal, Ganja 1 Kilogram Dikirim ke Rutan Depok Pakai Modus Ini

Ganja yang dikirim ke Rutan Depok(Istimewa)
Ganja yang dikirim ke Rutan Depok(Istimewa)

DEPOK – Banyak cara dilakukan pengedar narkotika  untuk memuluskan aksi mereka. Seperti Rutan Kelas 1 Depok yang baru saja berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ganja seberat 1 kilogram dengan modus pengiriman dua dus susu pada Selasa, 13 Juli 2021.

Dari informasi yang didapat, upaya penyelundupan narkotika dilakukan sekitar pukul 16.30 WIB.

Aksi bermula dari adanya pegiriman barang paket satu kantong plastik hitam yang berisi dua buah dus susu merk indomilk dan Oreo, Sesuai dengan protap yang ada, seluruh barang dan makanan diperiksa dengan teliti oleh Petugas Pintu Utama (P2U) dihadapan pengirim barang bawaan tersebut.

Baca juga: Tren Kematian COVID Bergeser ke Usia Produktif, Faktor Ini Penyebabnya

Pemeriksaan dilakukan, ditemukan barang bawaan yang diduga jenis Ganja dalam kotak dus susu dikemas dengan rapi.

Baca juga: Takut Warganya Kelaparan, Kepala Polsek Bojong Gede Bagi-bagi Beras

“Pada saat barang dan makanan melewati penggeledahan petugas, ada benda yang tidak wajar dan pengunjung tersebut terlihat gelisah,” jelas M. Irvan Muayat, PLH. Karutan Kelas I Depok yang di dampingi Oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Fauzi, Kepala Seksi Pengelolaan Ewang serta Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Marhadi.

Kecurigaan semakin besar ketika di dalam kemaşan susu yang ada bungkusan lainnya. Saat petugas berusaha membuka, keluar serbuk seperti tembakau. “Petugas kami akhirnya membongkar bungkusan tersebut,” terang dia.

Baca juga: Pemerintah Imbau Masyarakat Tak Mixing Vaksin dan Dosis Booster Sendiri

Dalam hal ini Irvan melaporkan kejadian tersebut kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat via telepon. Kepala Divisi Pemasyarakatan memberikan arahan agar segera melaporkan temuan tersebut kepada pihak yang berwajib yaitu kepolisian.

Setelah gagalkan penyelundupan ganja ini, pihaknya berkordinasi untuk dilakukan pemeriksaan barang bawaan bersama dengan pihak kepolisian. Barang bukti diserahkan kepada pihak kepolisian untuk pengembangan lebih lanjut. “Kami serahkan sepenuhnya ke pihak kepolisian sebagai mitra strategis kami di bidang pemberantasan narkotika,” kata dia. (lala/*)