Universitas Pancasila Sukses Geber Vaksinasi Massal Hingga 10 Ribu Dosis

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Universitas Pancasila, Jakarta. (DepokToday.com)
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Universitas Pancasila, Jakarta. (DepokToday.com)

DEPOK- Universitas Pancasila atau UP, telah berhasil merampungkan program vaksinasi massal tahap pertama dengan target capaian sebanyak 10.000 dosis.

Kegiatan itu merupakan bukti nyata UP Jakarta dalam mendukung percepatan program vaksinasi nasional.

“Kami bersyukur progam vaksinasi COVID-19 di UP tahap pertama sudah selesai, dengan tertib, aman dan lancar dengan jumlah penerima sebanyak 10 ribu orang,” kata Ketua Sentra Vaksinasi Universitas Pancasila, Ni Made dikutip pada Selasa 20 Juli 2021.

Ia menegaskan, program vaksinasi UP Jakarta belum berhenti sampai di sini. Kegiatan itu akan dilanjut pada program vaksinasi tahap dua yang akan dimulai pada 21 Juli-5 Agustus 2021, di Aula Masjid At-Taqkwa Universitas Pancasila, Jakarta Selatan.

Terkait hal itu Ni Made pun mengimbau, agar para peserta tetap mematuhi protokol kesehatan, di antaranya wajib mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

Syarat Vaksinasi di Universitas Pancasila

Wakil Dekan 3 FF itu menegaskan, vaksin ini gratis dan hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta alat tulis.

Saat pelaksanaan vaksinasi, alur pelaksaan terdapat lima tahapan yang harus dilalui yakni, pendaftaran, verifikasi data calon penerima vaksin.

Kemudian skrining berupa pengecekan tekanan darah, suhu badan dan beberapa pertanyaan lain oleh dokter.

“Selanjutnya pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dan terakhir observasi selama 30 menit.”

Baca Juga: [Update] Pasien Sembuh COVID-19 Depok, 19 Juli 2021: 1.043 Kasus

Sementara itu, Humas UP Putri Langka menambahkan, pelaksanaan vaksinasi massal ini melibatkan tim klinik Universitas Pancasila, TNI, Polri serta sejumlah tenaga medis dan relawan.

“Dalam hal ini Universitas Pancasila siap dan mendukung kebijakan pemerintah dalam percepatan program vaksinasi dan juga kewajiban pengabdian sosial pada masyarakat disamping pendidikan dan penelitian,” jelasnya.

Kegiatan vaksinasi COVID-19 (DepokToday.com)
Kegiatan vaksinasi COVID-19 (DepokToday.com)

Aksi kemanusiaan yang dilakukan perguruan tinggi tersebut pun mendapat respon positif dari sejumlah warga yang hadir.

“Sentra vaksin Universitas Pancasila memberikan kesan positif, pelayanannya cepat dengan alur yang jelas,” kata Ketua RW 19 Jagakarsa, Agung Setya Budi Utomo.

Untuk diketahui, vaksinasi merupakan proses memasukan vaksin dalam tubuh agar seseorang menjadi lebih kebal dan terlindungi dari penyakit tertentu.

Dengan menerima vaksin, diharapkan seseorang tersebut akan memiliki gejala yang lebih ringan jika terpapar dibandingkan orang yang belum menerima vaksin.

Dengan demikian, langkah itu diharapkan mampu mempercepat putusanya mata rantai penyebaran COVID-19. (rul/*)