Universitas Pamulang Latih Pelaku UMKM Depok Jaya Penerapan Digital Marketing

Dosen Universitas Pamulang Iskandar Zulkarnain (kiri) memberikan cendera mata kepada pelaku UMKM Depok Jaya.(Dok. Panitia Pelaksana)

DEPOK JAYA-Bertempat di Masjid Al-Awwal, Kelurahan Depok Jaya, Mecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Dosen Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Pamulang yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memberikan pelatihan Digital marketing kepada pelaku UMKM Depok Jaya.

Pelatihan tersebut diinisiasi oleh Iskandar Zulkarnain selaku ketua pelaksana, yang dibantu oleh empat anggota dosen lainnya, yaitu Tabah Heri Setiawan, Budi Syamtoro, Muhamad Nurhamdi, dan Irma Sari Octaviani.

Ketua Pelaksana mengutarakan pelatihan tersebut didasarkan atas kondisi UMKM saat ini yang dirasa masih belum bisa memanfaatkan teknologi untuk kegiatan pemasarannya. Padahal bila teknologi tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran maka UMKM tersebut akan jauh lebih berkembang.

“Karena itu, kami memberikan pelatihan ini dengan mengangkat tema “Penerapan Digital Marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran Usaha Kecil dan Menengah warga Depok Jaya”. Harapan kami setelah mengikuti pelatihan ini pelaku UMKM di Kota Depok dapat lebih berhasil dalam memasarkan produk-produknya,” ujar Iskandar.

Selain memberikan pelatihan digital marketing, peserta juga diajari tentang teknik fotografi sederhana dengan membuat mini studio yang terbuat dari kardus dan lampu.

“Dalam kegiatan pelatihan teknik fotografi ini diharapkan UMKM Depok Jaya mampu membuat foto produk terlihat lebih menarik, profesional, dan memiliki nilai jual yang tinggi,” tutur salah satu natasumber, Budi Syamtoro.

Perwakilan UMKM Depok Jaya, Yudi Yanto mengungkapkan rasa terima kasih atas kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Dosen Universitas Pamulang.

“Harapan kami pelatihan tersebut bukan hanya dilakukan untuk menggugurkan tugas seorang dosen tapi dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” katanya.(eru)