Unik, Operasi Zebra di Depok Libatkan Robot Besar

Operasi Zebra Jaya 2020 di Jalan Margonda (Istimewa)

MARGONDA– Sejumlah karakter super hero terlihat berjejer di ruas Jalan Margonda, Depok pada Senin 26 Oktober 2020. Mereka hadir untuk ikut membantu polisi mensosialisasikan pelaksanaan protokol kesehatan dalam Operasi Zebra Jaya tahun ini.

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Ubadillah mengatakan, operasi itu digelar selama 14 hari, terhitung mulai hari ini sampai dengan Jumat 8 November 2020.

“Adapun sasaran operasi yakni melawan arus, tidak memakai helm, stop line atau marka jalan, menggunakan strobo dan rotator diluar ketentuan, dan melintas bahu jalan,” katanya pada wartawan

Ubadillah menyebut, karena masih dalam masa pandemi, maka operasi ini akan mengedapkan langkah preemtif, prepentif, dan persuasif.

“Upaya tindakan represif sebesar 40 persen bagi pengendara yang melanggar dari target sasaran operasi maka akan kita tindak langsung, yaitu berupa penilangan,” tegasnya

Terkait hal itu, ia pun mengimbau agar  masyarakat, khususnya bagi pengendara bermotor agar lebih mematuhi rambu-rambu lalu-lintas demi keamanan dan kenyamanan bersama di jalan.

“Jika masyarakat tertib berlalulintas di jalan, maka pelanggaran dapat diminimalisir, termasuk faktor kecelakaan dapat berkurang juga,” ucapnya

Sementara itu, Kanit Kamsel Satlantas Polrestro Depok, Ajun Komisaris Polisi Elly Padiansari mengatakan, dalam operasi ini pihaknya juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

“Ini kami lakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan.”

Elly berharap, upaya tersebut dapat mempercepat terputusnya mata rantai penyebaran COVID-19. Pantauan Depoktoday dilokasi melaporkan, tokoh super hero yang dilibatkan dalam sosialisasi Operasi Zebra Jaya 2020 di Kota Depok di antaranya, action figur dalam serial Transformer dan Spiderman.

Konsep ini sempat menyedot perhatian warga. Beberapa pengendara yang melintas bahkan sempat mengabadikannya melalui kamera ponsel. (rul/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here