Ukraina Sempat Bikin Skor Imbang, Belanda Akhirnya Menang Dramatis

Denzel Dumfries berlari merayakan golnya untuk Belanda.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)
Denzel Dumfries berlari merayakan golnya untuk Belanda.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)

AMSTERDAM—Belanda harus bekerja keras untuk meraih kemenangan di turnamen Piala Eropa pertama mereka sejak 2008.

Denzel Dumfries mencetak gol terakhir untuk Belanda, gol yang memastikan Belanda menang dramatis atas Ukraina 3-2 di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Senin 14 Juni 2021 dini hari WIB.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

Bermain sama kuat di sepanjang babak pertama dan menutup sesi istirahat dengan skor imbang tanpa gol, Belanda baru berhasil mencetak gol pada menit 52.

Gol pembuka Belanda tujuh menit setelah turun minum itu dicetak kapten tim, Georginio Wijnaldum, yang memanfaatkan bola pantul setelah penjaga gawang tim tamu (Ukraina-red) mencegat umpan silang dari kanan.

Setelah gol pertama, Belanda tidak membutuhkan waktu lama untuk menggandakan keunggulan.

Wout Weghorst merubah skor menjadi 2-0 untuk Belanda setelah mencetak gol pada menit 59. Tertinggal dua gol dalam waktu tujuh menit, Ukraina yang dilatih Andriy Shevchenko akhirnya bangkit.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Amsterdam, Belanda

Ukraina mampu memperkecil ketertinggalan mereka jadi 2-1 setelah Andriy Yarmolenko melepaskan tendangan melengkung dari tepi kotak penalti Belanda di menit 75.

Andriy Yarmolenko melepaskan tendangan melengkung ke arah gawang Belanda yang menghasilkan sebuah gol.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)
Andriy Yarmolenko melepaskan tendangan melengkung ke arah gawang Belanda yang menghasilkan sebuah gol.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)

Gol yang dibuat Yarmolenko tampaknya membangkitkan semangat juang Ukraina. Dan benar saja, empat menit kemudian setelah gol Yarmolenko, Ukraina berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Gol penyeimbang Ukraina itu dicetak oleh Roman Yaremchuk.

Ketika waktu pertandingan babak kedua tersisa lima menit dan diprediksi bakal berakhir imbang, Belanda justru membuat kejutan.

Belanda membuat gol ketiga melalui sundulan kepala Denzel Dumfries usai memanfaatkan umpan silang Nathan Ake.

Bagi Dumfries, itu tidak hanya mengubah papan skor menjadi 3-2, tapi juga memastikan kemenangan buat Belanda di laga pembuka Grup C Piala Eropa 2020. Dan gol tersebut menjadi gol internasional pertama Dumfries.

Denzel Dumfries menerima trofi pemain terbaik pertandingan.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)
Denzel Dumfries menerima trofi pemain terbaik pertandingan.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)

Ia bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik di laga itu. “Alasan saya mencetak gol adalah karena kami terus percaya. Saya tahu akan ada lebih banyak peluang dan Anda harus siap ketika saatnya tiba,” singkat Dumfries seusai pertandingan dilansir uefa.com.

Komentar Pelatih 

Meki menelan kekalahan, Pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko, tetap menyanjung penampilan anak asuhnya di laga tersebut.

“Ini adalah pertandingan yang sangat cepat dan menarik dengan banyak peluang bagi kedua tim. Saya ingin berterima kasih kepada tim saya atas reaksi yang mereka tunjukkan, terutama setelah tertinggal 2-0 kami bisa saja kalah dalam pertandingan pada saat itu,” jelas Shevchenko.

DIBACA JUGA: Prediksi Pertandingan Piala Eropa 2020 Grup C dan D

Di lain pihak, Pelatih Belanda, Frank de Boer, mengakui Ukraina adalah lawan yang bagus meski hasil akhir tetap berpihak kepada timnya.

“Kami tahu Ukraina adalah tim yang bagus. Ketika mereka menghadapi tekanan dari kami, mereka mampu bermain melawannya dan menemukan peluang baru. Anda harus mencoba untuk tidak memberikan momen berbahaya kepada lawan,” demikian De Boer.

(tdr/*)