Uji Coba Kedua, Timnas Indonesia Kalah Lagi, Kali Ini dari Oman

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia Vs Oman di Stadion Sevens, Dubai, tadi malam WIB.(Foto: Twitter PSSI)
Pertandingan uji coba Timnas Indonesia Vs Oman di Stadion Sevens, Dubai, tadi malam WIB.(Foto: Twitter PSSI)

DUBAI—Timnas Indonesia yang akan berlaga di babak kualifikasi Piala Dunia 2022, kembali menelan kekalahan kedua dalam laga uji coba di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Sabtu 29 Mei 2021 malam WIB.

Laga uji tanding tadi malam, Timnas Indonesia dikalahkan oleh Oman dengan skor 1-3 di Stadion Sevens, Dubai. Sebelumnya, pada laga uji coba pertama,  Timnas Indonesia kalah atas Afghanistan 2-3.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Pada laga uji coba terakhir ini, timnas hanya mampu menceploskan sebiji gol melalui Evan Dimas di menit 51. Gol Evan Dimas ini sempat mengubah papan skor menjadi 1-1, karena Oman unggul lebih dulu pada menit 40 lewat gol yang dibuat Muhsen Al Ghassani.

Detik-detik Kekalahan

Namun, alih-alih ingin menambah gol, Tim Garuda ini justru kebobolan dua gol. Pemain Oman, K. Al-Hajri, memborong dua gol tersebut.

Gol pemain pengganti itu terjadi pada menit 77 dan 88, sehingga kedudukan  1-3 tidak berubah hingga pertandingan berakhir.

Evaluasi Timnas

Timnas Indonesia sebelumnya kalah dengan skor 2-3 atas Afghanistan dalam laga uji coba di Lapangan Iranian Club, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa 25 Mei malam WIB.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, langsung mengevaluasi kekurangan yang dimiliki skuat Garuda.

“Bicara mengenai itu, pertama untuk stopper, banyak kekurangan disana, tetapi dengan adanya pemain seperti sekarang, kita harus perbaiki satu demi satu,” kata Shin dilansir situs resmi PSSI.

“Kemudian passing dalam pertandingan. Kalau dilihat juga kekurangan ada saat tidak bisanya melakukan serangan balik yang baik, itu yang akan diperbaiki satu demi satu. Secara keseluruhan, masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki,” tutur Shin.

Menurut Shin, ini adalah sebuah proses dan dia menilai ada perkembangan cukup baik di Timnas Indonesia.

“Memang ini sebuah proses, jadi kita berusaha untuk memainkan seluruh pemain, dan juga selama satu tahun enam bulan tidak bergulirnya kompetisi di Indonesia, tapi kita bisa bilang ini sebagai awal. Ini merupakan perkembangan yang sangat baik,” katanya.

“Babak pertama kita memang kemasukan tiga gol, namun di babak kedua kita bisa mengejar kembali, untuk mencetak dua gol, disitu saya melihat kegigihan dari para pemain, dan saya berterima kasih atas usahanya,” ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

Terakhir, Shin Tae-yong mengatakan harapannya di sisa pertandingan yang ada nanti. “Masih ada tiga sampai empat hari lagi hingga pertandingan berikutnya, kami harus lebih banyak meningkatkan fisik, itu yang terpenting. Namun sebelum kesana, kita akan mengadakan meeting team terlebih dahulu, semoga kami bisa memperoleh hasil positif,” tutupnya. (tdr)