UI Luncurkan MUI Academy, Wujudkan Pendidikan Inklusif

Rektor UI, Ari Kuncoro saat peluncuran Makara UI Academy atau MUI Academy. Foto: Dokumentasi UI
Rektor UI, Ari Kuncoro saat peluncuran Makara UI Academy atau MUI Academy. Foto: Dokumentasi UI

DepokToday – Universitas Indonesia (UI) luncurkan Makara UI Academy atau MUI Academy sebagai platform pembelajaran dalam jaringan atau daring untuk mewujudkan akses pendidikan inklusif.

Dengan konsepnya, dapat diakses dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, MUI Academy diharapkan dapat mewujudkan agenda menuju Indonesia Maju.

Rektor UI Ari Kuncoro menyampaikan, MUI Academy adalah bentuk adaptasi UI terhadap perubahan di era transformasi digital yang terjadi pada 3-5 tahun terakhir ini. Program ini juga salah satu perwujudan komitmen UI dalam pelaksanaan program Kampus Merdeka pemerintah.

“Kami bercita-cita MUI Academy dapat menjadi referensi utama dalam pengembangan kapabilitas sumber daya manusia melalui materi berkualitas, sehingga dapat memberikan nilai tambah terbaik dalam membangun insan Indonesia yang berkaliber dan berkarakter,” kata Ari dalam keterangannya, Rabu 18 Agustus 2021.

Baca Juga: Profesor Sudarsono Bongkar Habis Kekeliruan Statuta UI yang Baru

Dalam keterangannya, Ari mengatakan, MUI Academy menawarkan tiga program bagi penggunanya, yaitu program e-learning, uji kompetensi, dan program bundling yang merupakan gabungan dari program e-learning dan uji kompetensi.

Dalam program e-learning peserta akan mendapatkan video pembelajaran, kuis, sesi mentoring dengan trainer, dan e-certificate, sedangkan program uji kompetensi adalah ujian daring yang dapat diikuti oleh masyarakat umum yang sudah mendapat pelatihan cukup terkait bidang profesi yang ia tekuni.

“Bila seseorang sudah mengikuti uji kompetensi, maka ia akan mendapatkan sertifikat profesi dari LSP UI yang terlisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” kata Ari.

MUI Academy adalah produk komersial yang dikemas dalam bentuk video dan platform pembelajaran berbasis web. Produk ini merupakan hasil kerja sama antara PT Daya Makara UI, Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Indonesia (LSP UI), dan PT Iam Edu Networks.

PT Iam Edu Networks adalah perusahaan platform pendidikan yang didirikan di Indonesia bersama perusahaan EduTech terbesar di Korea yaitu NHN Edu, yang menyediakan berbagai layanan digital untuk membantu tata kelola sekolah, seperti ruang konsultasi virtual, penyusunan jadwal, bahan pelajaran, kelas jarak jauh, dan ruang diskusi daring.

Dalam kerja sama ini, PT Daya Makara UI berperan dalam penyusunan kurikulum dan materi pembelajaran serta penyediaan trainer, LSP UI sebagai pelaksana proses asesmen sertifikasi berbasis kompetensi dan asesor, dan PT Iam Edu Networks berperan sebagai penyedia platform, multimedia, konten, dan operasional. (ade/*)