UI Kerahkan Tim Psikolog ke Asrama Mahasiswa

Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang terdiri atas beberapa dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (F.Psi UI) menggelar program bertajuk UI Milenials. (istimewa)

DEPOK– Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang terdiri atas beberapa dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (F.Psi UI) menggelar program bertajuk UI Milenials.

Kegiatan ini sebagai upaya untuk menciptakan suasana yang kondusif di dalam menjalin interaksi sosial sesama penghuni asrama. Pelatihan ini menyasar para mahasiswa yang telah menjadi Senior Resident sebagai agent of change yang berlangsung pada 18 Mei 2019 hingga akhir Oktober 2019, dengan total sebanyak lima kali pertemuan. Asrama UI Depok dipilih menjadi tempat pelaksanaan program tersebut.

Ketua tim Pengmas F.Psi UI, Dra. Sri Fatmawati Mashoedi menuturkan, kehidupan mahasiswa tentu sangat menantang, khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah. Proses adaptasi dan mengenal lingkungan menjadi hal tersendiri yang perlu diperhatikan selama menjalankan kehidupan di kampus, apalagi bagi mereka yang tinggal di Asrama UI datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Beragamnya karakter yang dimiliki penghuni Asrama UI, menjadi latar belakang diselenggarakannya program ini. Diharapkan, program ini mampu mengajarkan kemampuan adaptasi dan berinteraksi sosial sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penghuni asrama dan mendukung kegiatan belajar mengajar,” katanya, Rabu 30 Oktober 2019

Asrama UI merupakan fasilitas yang disediakan oleh UI sebagai pilihan alternatif tempat tinggal bagi mahasiswa UI, terutama bagi mereka yang datang dari luar daerah. Pelatihan UI Milenials diberikan sebanyak lima kali pertemuan, dengan masing-masing durasi minimal delapan jam.

Pelatihan dibentuk secara interaktif yang berisi pelatihan soft-skill berupa kemampuan komunikasi, aktivitas yang mampu meningkatkan rasa cinta terhadap Asrama UI, serta pelatihan merancang dan menjalankan program rencana aksi yang mampu meningkatkan dan mengakrabkan hubungan sesama penghuni Asrama UI. Dengan begitu akan terwujud interaksi sosial yang baik sesama penghuni.

Di akhir pelatihan, Tim Pengmas F.Psi UI juga melaksanakan pertemuan gedung secara langsung. Tujuannya untuk mengenal penghuni kamar secara tatap muka. Kegiatan kumpul gedung tersebut dilengkapi dengan sosialisasi peraturan asrama, perkenalan, games interaktif, dan diskusi terkait kehidupan Asrama UI. (*red)