UI Buka Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia Batch ke-3, Target 25.000 Dosis

Suasana Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia batch ke-3 di Sarana Olahraga, UI, Depok, Kamis 5 Agustus 2021. Foto: Dokumentasi UI
Suasana Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia batch ke-3 di Sarana Olahraga, UI, Depok, Kamis 5 Agustus 2021. Foto: Dokumentasi UI

DepokToday – Universitas Indonesia meresmikan sentra vaksinasi mahasiswa Indonesia atau disingkat SVMI batch ke-3, sebagai bentuk upaya mencapai target nasional pelaksanaan vaksinasi.

Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan, untuk mendukung target pemerintah melaksanakan vaksinasi sebanyak 2 juta dosis per hari, UI bersinergi dengan berbagai mitra berupaya untuk membangun sentra vaksinasi.

“Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia sebagai bentuk nyata dukungan percepatan kekebalan komunal atau herd immunity di Indonesia,” kata Ari dalam keterangan persnya, Kamis 5 Agustus 2021.

Ari mengatakan, dengan mendapatkan dukungan dari Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Depok, SVMI menyiapkan 25.000 dosis vaksin Sinovac, dengan rincian kuota sebanyak 1.000 peserta per hari.

Baca Juga: Tinjau Sentra Vaksinasi COVID-19 di RSUI, Istri Gubernur Jabar Ini Bilang Keren

“SVMI terbuka bagi mahasiswa se-Jabodetabek dan masyarakat umum yang berusia 12 tahun ke atas,” kata Ari.

Dalam penyelenggaraan SVMI, UI menggandeng mitra dari PT Mustika Ratu Tbk, Shopee Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Paragon Technology and Innovation, Telkomsel, Bank Negara Indonesia, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, dan Bank Central Asia.

“Peresmian Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia ini, diharapkan dapat menjadi role model kerja sama pentahelix yang terdiri dari akademisi, pemerintah, industri, media massa, dan juga masyarakat,” kata Ari.

Sebanyak 120 orang tenaga kesehatan dari Klinik Satelit UI Makara, relawan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), 15 orang tenaga kesehatan dari RSAU dr. Esnawan Antariksa, Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) I, dan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), ikut dalam pelaksanaan vaksinasi di SVMI ini.

“Para peserta yang hendak mengikuti program ini dapat mendaftarkan melalui reservasi.ehealth.co.id/kliniksatelitui,” kata Ari.

Sementara itu, Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Aset, Dedi Priadi menyampaikan, SVMI telah dilaksanakan sebanyak 3 batch, dimulai pada tanggal 21-23 Juli 2021 (untuk batch 1), 28-30 Juli (batch 2) dan batch ke-3 dengan total akumulasi target penerima vaksin sebanyak 25.000 orang.

Pada batch 1 dan batch 2, SVMI telah melaksanakan sebanyak 2.279 orang tervaksin.

“Sedangkan untuk batch 3 yang dimulai hari ini, jumlah pendaftar total dalam 4 hari ke depan sebanyak 4.585 orang dengan peserta mahasiswa baru UI sebanyak 393 mahasiswa baru angkatan 2021,” katanya. (ade/*)