UEA Menang 3-1 Lawan Thailand, Selisih Poin dengan Vietnam Dua Digit

Pemain UEA merayakan golnya ke gawang Malaysia.(Foto: AFC)
Pemain UEA merayakan golnya ke gawang Malaysia.(Foto: AFC)

DUBAI—Timnas sepak bola Uni Emirat Arab (UEA) mengklaim kemenangan 3-1 atas Thailand pada pertandingan kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022 Zona Asia, di Stadion Zabeel, Dubai, UEA, Senin 7 Juni 2021 malam WIB.

Hasil positif yang didapat UEA membuat posisi mereka di papan klasemen sementara Grup G tidak berubah.

UEA tetap berada di posisi kedua. Yang berubah hanya perolehan poin UEA dari 9 menjadi 12 poin, selisih dua digit (14 poin) dari Vietnam yang tetap kokoh di posisi pertama usai mengalahkan Indonesia 4-0.

DIBACA JUGA: Kalahkan Indonesia 4-0, Vietnam Kokoh di Puncak Klasemen Grup G

Jalannya Pertandingan

UEA selaku tuan rumah pertandingan unggul lebih dulu pada menit 14. Caio Canedo membuka skor untuk UEA setelah mendapat umpan silang dari Bandar Al Ahbabi.

Tendangan voli Caio merayap ke tiang jauh dan gagal dijangkau oleh penjaga gawang Thailand, Sivaruk Tedsungnoen. Gol…! UEA unggul 1-0.

Dua puluh menit kemudian (menit 34), pasukan Bert van Marwijk menggandakan skor. Bandar Al Ahbabi lagi-lagi menjadi kreator lahirnya gol kedua UEA.

Umpan dari sayang kanan yang dilepaskan Al Ahbabi dituntaskan oleh Fabio Lima melalui sundulan kepala. Kiper Thailand, Sivaruk Tedsungnoen, kembali gagal mengantisipasi bola sehingga masuk ke dalam jaring. Skor 2-0 untuk UEA dan bertahan hingga babak pertama usai.

DIBACA JUGA: UEA dan Thailand Bisa Rebut Puncak Klasemen Grup G, Begini Skenarionya

Sepuluh menit memasuki babak kedua, Suphanat Mueanta membalaskan satu gol bagi Thailand setelah tendangan sudut yang tidak ditangani dengan baik oleh tim tuan rumah, bola disambar Mueanta dan membobol gawang UEA yang dikawal Ali Khaseif. Skor pun berubah menjadi 2-1.

Klasemen sementara Grup G.(Foto: Tangkapan Layar dari Google
Klasemen sementara Grup G.(Foto: Tangkapan Layar dari Google)

Mohamed Juma Eid yang masuk ke lapangan pertandingan sebagai pemain pengganti, menambahi gol ketiga negaranya di masa injury time.

Memanfaatkan umpan indah di dalam kotak penalti, Juma melepaskan tembakan ke sudut bawah gawang Thailand untuk mengubah skor menjadi 3-1. Gol pada menit 94 ini sekaligus menutup laga UEA melawan Thailand. UEA meraih tiga poin.

Pertandingan selanjutnya, UEA menghadapi Indonesia dalam waktu empat hari ke depan, sementara Thailand akan menunggu pertandingan hingga 15 Juni 2021 untuk menghadapi Malaysia di matchday terakhir grup. (tdr/Sumber: AFC)