UEA dan Vietnam Berebut Takhta di Stadion Zabeel Dubai

Duel berlari pemain UEA dengan Vietnam.(Foto: Twitter UAEFA)
Duel berlari pemain UEA dengan Vietnam.(Foto: Twitter UAEFA)

DUBAI—Perebutan takhta klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia sekaligus Kualifikasi Piala Asia 2023 antara Uni Emirat Arab (UEA) dengan Vietnam, ditentukan malam ini WIB.

Stadion Zabeel, Dubai, UEA, jadi arena pertarungan kedua tim. Di pertandingan nanti UEA wajib menang, sedangkan Vietnam hanya butuh hasil imbang.

Bukan hanya sekadar siapa pemegang sejati pimpinan klasemen, perebutan singgasana Grup G juga menentukan langkah UEA dan Vietnam ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

DIBACA JUGA: Siapa Pemilik Singgasana Grup G? UEA atau Vietnam

Di babak ketiga nanti diisi oleh delapan tim dengan status juara grup dan empat runner-up terbaik. Dengan jumlah total sebanyak 12 tim, format pertandingan babak ketiga adalah round robin atau saling bertemu tandang dan kandang. Ke-12 tim itu dibagi menjadi dua grup masing-masing dihuni oleh enam tim.

Di babak ketiga adalah penentuan akhir bagi 12 tim untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Empat tim teratas dari masing-masing grup di babak ketiga otomatis mendapat tiket ke Qatar.

Sedangkan tim yang menempati posisi ketiga klasemen harus melanjutkan babak kualifikasi keempat, dimana mereka akan saling bertanding tandang dan kandang. Pemenangnya maju ke babak play-off antar konfederasi.

Mengulang Kemenangan?

Vietnam tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan dan membutuhkan satu poin dari pertandingan terakhir mereka melawan UEA.

Hasil imbang sudah cukup bagi Vietnam untuk mengamankan tempat di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA pertama kalinya dalam sejarah sepak bola mereka.

Skuat UEA (kiri) dan skuat Vietnam.(Foto-foto: Twitter @uaefa, AFC)
Skuat UEA (kiri) dan skuat Vietnam.(Foto-foto: Twitter @uaefa, AFC)

Ada kenangan manis Vietnam kala bentrok dengan UEA di kualifikasi Piala Dunia 2022 18 bulan lalu. Tendangan ajaib Nguyen Tien Linh dari jarak 30 yard membawa Vietnam menang 1-0 atas UEA di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Akankah Vietnam bisa mengulangi kemenangan serupa di Dubai, yang notabene markas dari UEA.

Ada Celah

Ketika Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia akhirnya dilanjutkan awal bulan ini, harapan UEA untuk maju ke babak berikutnya tampak tidak mungkin setelah mereka kalah dari Vietnam dan Thailand, dua pertandingan terakhir UEA sebelum kualifikasi ditunda akibat pandemi COVID-19.

Tetapi penampilan luar biasa UEA dua minggu terakhir di laga kandang membuka celah untuk merangsek naik ke posisi teratas klasemen Grup G.

DIBACA JUGA: Jelang Lawan Vietnam, Van Marwijk Peringatkan UEA Jangan Terlalu PeDe

UEA memulai kembali kampanye mereka di kualifikasi babak kedua ini dengan hasil positif, mengalahkan Malaysia 4-0, kemudian mengalahkan Thailand 3-1, dan mengalahkan Indonesia 5-0.

Namun terlepas dari hasil tersebut, tim besutan Bert van Marwijk membutuhkan  tiga poin saat melawan Vietnam malam ini WIB.

(tdr/Sumber: afc.com)