Ucapkan Selamat HUT RI, Taliban Sebut Kemenangannya Mirip Indonesia

Jubir Taliban Suhail Shaheen ucapkan selamat HUT Ke-76 untuk Indonesia. Foto AFP via Suara.com
Jubir Taliban Suhail Shaheen ucapkan selamat HUT Ke-76 untuk Indonesia. Foto AFP via Suara.com

DepokToday- Juru bicara Taliban, Suhail Shaheen menyebut, keberhasilan Taliban merebut Afghanistan mirip dengan perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dari kolonial Belanda dan penjajah lainnya di masa lalu.

“Kemenangan kami terhadap Amerika Serikat seperti keberhasilan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah,” ujar Jubir Taliban dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Selain mengucapkan HUT ke-76 RI, Jubir Taliban itu juga mengatakan semua warga asing akan dijamin perlindungannya. Warga Negara Indonesia pun demikian. Malahan Taliban akan membantu mengevakuasi warga negara asing (WNA) jika memang ingin keluar dari Afghanistan.

Taliban, Indonesia dan Afghanistan

Data yang dihimpun menyebutkan, hubungan Afghanistan dengan Indonesia berjalan dengan baik. Tak heran dulu Wakil Presiden Jusuf Kalla diminta oleh pemerintah Afghanistan untuk menjadi mediator konflik dengan kelompok Taliban.

Menurut mereka, Indonesia dipandang telah punya pengalaman menyelesaikan beberapa konflik golongan di Tanah Air.

Bahkan, Kala itu Jusuf Kalla sampai gantian menjamu perwakilan Taliban di Jakarta untuk mendiskusikan soal perdamaian di Afghanistan.

Baca Juga: Begini Video Pasukan Taliban Kuasai Istana Presiden Afghanistan

Jusuf Kalla dan Presiden Jokowi pun secara bergantian sempat berkunjung ke Afghanistan bertemu dengan Presiden Ashraf Ghani untuk membicarakan perdamaian dan hubungan bilateral kedua negara.

Taliban Pepet China

Setelah berhasil memenangkan pertempuran dari militer Afghanistan, kelompok pemberontak Taliban kian gencar meningkatkan jangkauan dengan China.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, Taliban secara terang-terangan mengaku akan menggandeng China untuk memperkuat kekuasaan mereka di Afghanistan.

Di mana, hingga kini Taliban sudah berhasil merebut 23 ibu kota provinsi di negara tersebut. Baca selengkapnya di sini: https://depoktoday.hops.id/berhasil-kuasai-afghanistan-taliban-mulai-pepet-china/(rul/*)