Tunjangan TNI Bakal Naik 80 Persen

Pasukan Khusus TNI (Istimewa)

 

Jakarta- Pemerintah berkomitmen meningkatkan profesionalme TNI. Beberapa kebijakan di antaranya dengan menambah 60 jabatan baru bagi perwira tinggi TNI. Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Disamping itu, kata Jokowi, pemerintah juga tengah mengoptimalkan peran prajurit dengan mengharmonisasikan peraturan presiden terkait organisasi bagi TNI, yakni 450 posisi baru bagi perwira TNI berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi baru untuk perwira tinggi TNI.

“Pemerintah juga akan terus tambah alutsista untuk memenuhi target kekuatan pokok minimum tahap kedua,” kata Jokowi dalam sambutannya di HUT TNI ke-74 di Halim Perdanakusuma, Jakarta, 5 Oktober 2019.

Pemerintah, klaim Jokowi, juga terus berusaha meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi prajurit TNI. Anggaran pertahanan tahun 2019 yang berjumlah Rp121 triliun, akan dinaikkan lebih dari Rp131 triliun di tahun 2020.

Kemudian, untuk kesejahteraan prajurit, Jokowi menambahkan pemerintah akan mengupayakan kredit perumahan bagi prajurit TNI hingga jangka waktu 30 tahun. “Dan, akan ditingkatkan tunjangan TNI menjadi 80 persen di tahun 2020,” ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Selamat atas prestasi yang ditorehkan TNI, dan selamat atas kepercayaan rakyat Indonesia untuk TNI.

“Rakyat selalu bangga kepada TNI dalam menjaga NKRI yang tidak pernah menyerah menjaga kepentingan nasional, kepentingan bangsa dan negara,” imbuhnya. (dar)