Tujuh Tim Sudah Amankan Tiket 16 Besar Piala Eropa 2020

Trofi Piala Eropa.(Foto: iNews.id)

DEPOK—Sebanyak tujuh tim sudah mengamankan tiket 16 besar Piala Eropa 2020. Enam tim berasal dari juara grup dan peringkat kedua, serta satu tim peringkat terbaik.

Italia, Belgia, dan Belanda adalah tiga tim yang lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup. Wales, Denmark, dan Austria merupakan tiga tim yang lolos ke fase gugur dengan status peringkat kedua atau runner-up. Dan Swiss sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Sukacita pemain Italia usai mengalahkan Wales 1-0 sekaligus tampil sebagai juara grup dan lolos ke 16 besar.(Foto: Twitter Azzurri)
Sukacita pemain Italia usai mengalahkan Wales 1-0 sekaligus tampil sebagai juara grup dan lolos ke 16 besar.(Foto: Twitter Azzurri)

Daftar itu dirangkum DepokToday hingga Rabu, 23 Juni 2021 pukul 02:00 WIB, dimana Grup A-C yang sudah menuntaskan pertandingan penyisihan grup.

Sementara tiket sisa bakal diperebutkan tim dari Grup D-F yang bertanding dini hari ini, malam nanti, dan Kamis 24 Juni 2021 dini hari WIB.

Selain tujuh tim yang sudah menginjakkan kaki mereka ke babak selanjutnya, ada empat tim yang juga berpeluang menyegel tiket ke fase gugur yaitu Republik Ceko, Inggris, Swedia, dan Prancis.

Selain Republik Ceko, Inggris, Swedia, dan Prancis, ada beberapa tim lainnya yang punya kans serupa. DIBACA JUGA: Siapa Lagi yang Menyusul Italia, Belgia, dan Belanda?

Finlandia dan Ukraina yang finis ketiga masih harus menunggu untuk hasil keseluruhan pertandingan penyisihan apakah mereka lolos atau tidak.

Penentuan Empat Tim Peringkat Ketiga Terbaik

Dengan mengacu pada pasal 21.03, hasil tim peringkat ketiga dibandingkan berdasarkan tiga pertandingan penyisihan grup mereka, berikut ini kriterianya:

a. Jumlah poin yang lebih tinggi.

b. Unggul selisih gol

c. Jumlah gol yang lebih banyak dicetak

d. Jumlah kemenangan yang lebih tinggi.

e. Total poin disiplin yang lebih rendah hanya berdasarkan kartu kuning dan kartu merah yang diterima di semua pertandingan grup (kartu merah = 3 poin, kartu kuning = 1 poin, pengusiran karena dua kartu kuning dalam satu pertandingan = 3 poin).

f. Posisi di peringkat babak penyisihan grup Piala Eropa 2020 secara keseluruhan.

Piala Eropa dan bola di Stadion Olimpico, Roma.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)
Piala Eropa dan bola di Stadion Olimpico, Roma.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)

Setelah empat tim peringkat ketiga terbaik ditentukan, pasal 21.05 peraturan menjelaskan tim peringkat ketiga mana yang bermain di seri mana.

Hingga berita ini ditulis, pertandingan Grup D masih berlangsung dengan skor sementara sampai menit ke-22, Inggris unggul 1-0 atas Republik Ceko, dan Kroasia mengungguli Skotlandia 1-0.

Untuk pertandingan babak 16 besar, empat tim sudah menemukan lawan tandingnya. Wales vs Denmark di Amsterdam, dan Italia vs Austria di London, tanggal 26 Juni 2021. Belanda dan Belgia masih menunggu tim lainnya yang lolos ke babak 16 besar.

(tdr/Sumber: uefa.com)